Memuaskan Ego, 5 Musisi Rock Dunia ini Pilih Hengkang dari Bandnya

Memuaskan Ego, 5 Musisi Rock Dunia ini Pilih Hengkang dari Bandnya

  • By:
  • Rabu, 17 March 2021
  • 685 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Ego merupakan salah satu faktor yang kerap hadir dalam pembentukan karakteristik terhadap karya-karya seni. Elemen personal tersebut juga bisa ditemukan dalam karya musik. Berkarya dalam sebuah band, terkadang membuat frustasi para musisi rock dunia, karena mau tidak mau harus berkompromi dengan visi dan misi yang telah dibentuk sebagai basis dari band tersebut. Ada beberapa musisi rock dunia yang mampu bertahan dalam kondisi tersebut dan beberapa dari musisi rock dunia tersebut ada yang memilih untuk hengkang dari band yang membesarkannya.

Keputusan untuk keluar dari band tersebut dianggap jadi satu-satunya sarana logis yang diamini oleh para musisi rock dunia tersebut demi menghadirkan rasa puas dan bangga dari pencapaian yang diraihnya. Terkadang, pilihan yang diambil oleh para musisi rock dunia tersebut kerap kali jadi pembicaraan menarik, terutama bagi para penggemarnya dan berhasil memotivasi para musisi rock dunia tersebut untuk menghadirkan karya yang tidak hanya berbeda dari sebelumnya namun juga punya kualitas yang patut diacungi jempol.

Berikut adalah daftar musisi rock dunia yang memilih untuk keluar dari band demi membuktikan kualitas bermusiknya.

Tom DeLonge

Banyak perdebatan yang terjadi jika membicarakan salah satu musisi rock dunia satu ini. Tom DeLonge merupakan seorang sosok penting di dalam tubuh Blink-182 dan secara mengejutkan di tahun 2004 nama sang musisi rock dunia tersebut tidak lagi terafiliasi di dalam band punk rock veteran tersebut. Banyak pihak yang mencoba mengungkapkan alasan berpisahnya salah satu musisi rock dunia tersebut dengan Blink-182. Banyak yang menyatakan bahwa dirinya secara sukarela mundur dan ada juga yang menginformasikan bahwa Tom DeLonge dipecat dari Blink-182 karena tidak punya visi dan misi yang sejalan lagi.

Satu tahun setelah berpisah dari band yang didirikannya tersebut, akhirnya Tom DeLonge kembali muncul ke permukaan dengan memperkenalkan proyek musik terbarunya. Angels and Airwaves. Diketahui sebelum akhirnya memutuskan mendirikan Angels and Airwaves, salah satu musisi rock dunia ini sempat mengalami gangguan pada proses berpikirnya. Tom DeLonge mencoba untuk menemukan alasan pasti dari perpisahannya bersama Blink-182. Namun hal tersebut sudah tidak jadi masalah besar di dalam tubuh salah satu musisi rock dunia ini. Tom DeLonge bersama Angels and Airwaves telah berhasil merilis 5 buah album yang kerap kali mendapatkan pengakuan industri musik internasional.

Dallon Weekes

Salah satu musisi rock dunia ini terkenal memiliki banyak proyek musik. Beberapa di antaranya ada yang Dallon Weekes lakukan dalam waktu yang bersamaan. Salah satu kesempatan tersebut hadir saat dirinya resmi bergabung dalam Panic! At The Disco dan masih memegang peran penting sebagai pentolan untuk The Brobecks. Namun, sejak tahun 2016, salah satu musisi rock dunia ini sudah mulai tidak aktif di dalam kedua band tersebut. Usut punya usut, di tahun tersebut Dallon Weekes memilih untuk membentuk proyek musik baru bernama I Don't Know How But They Found Me.

I Don't Know How But They Found Me merupakan sebuah proyek musik dari Dallon Weekes bersama Ryan Seaman. Proyek musik terbaru dari musisi rock dunia ini sempat digadang sebagai salah satu grup musik paling potensial yang tidak memiliki label di tahun 2018. Namun, Dallon Weekes dan Ryan Seaman akhirnya memutuskan untuk bergabung bersama Fearless Records. Sejak mendirikan I Don't Know How But They Found Me di tahun 2016, Dallon Weekes memang terlihat tidak terlalu aktif lagi bermusik bersama Panic! At The Disco dan di tahun 2017 salah satu musisi rock dunia tersebut akhirnya mengumumkan kepergiannya di band power pop tersebut melalui Instagram pribadinya

Colin Dieden

The Mowgli’s merupakan salah satu musisi alternative rock di tahun 2010-an yang cukup berhasil menarik banyak perhatian. Namun sayang, band satu ini kerap kali mengganti formasi di dalamnya. Di tahun 2019 hal tersebut pun kembali terulang. Colin Dieden memutuskan untuk keluar dari The Mowgli’s demi melanjutkan proyek musik barunya yang diberi nama Little Hurt. Karakteristik musik yang hadir dari proyek terbaru musisi rock dunia tersebut terdengar cukup berbeda dari karya-karya di dalam band sebelumnya. Musik yang ditawarkan oleh Little Hurt terdengar lebih modern tanpa meninggalkan kesan alternative rock yang dirinya bawa sejak bermusik bersama The Mowgli’s. Dalam mengerjakan proyek ini, musisi rock dunia yang kini dikenal dengan nama Little Hurt tersebut mengajak Cameron Walker-Wright dan Elijah Noll sebagai kontributor tetap dalam meramu musik yang terus relevan.

Jack White

Sosok ikonis Jack White memang tidak bisa lepas untuk selalu dikaitkan dengan proyek musik terdahulunya, The White Stripes. Menggaung sejak awal tahun 2000-an, kabar band tersebut bubar di tahun 2011 jadi berita yang hangat sepanjang tahun. Diketahui bahwa di masa-masa hiatus The White Stripes, musisi rock dunia tersebut memang menjalankan proyek musik lainnya. Salah satunya adalah The Dead Weather. Namun ada alasan lain di luar proyek tersebut yang membuat Jack White akhirnya memilih berpaling.

Jack White merasa Meg, partner dalam The White Stripes, tidak memiliki antusias yang sama untuk mengembangkan potensi musik dari duo tersebut. Akhirnya Jack White mulai mencari keseruan bermusik di tempat lain dan lama kelamaan salah satu musisi rock dunia tersebut akhirnya memutuskan untuk membubarkan The White Stripes agar kreativitas dalam bermusiknya dalam mengalir secara penuh dalam proyek-proyek lainnya.

Father John Misty

Father John Misty merupakan salah satu nama musisi rock dunia yang kini memilih untuk bermusik secara solo. Dalam suatu masa, Father John Misty sempat bergabung ke dalam Fleet Foxes di tahun 2008. Peran Father John Misty dalam band folk rock tersebut merupakan sebagai seorang pemain drum. Namun perbedaan kreativitas, visi, dan misi dari band tersebut akhirnya membuat musisi rock dunia satu ini memutuskan untuk keluar dari Fleet Foxes dan berkarier secara solo di tahun 2012. Proyek solo perdananya langsung disambut dengan album perdana berjudul Fear Fun di tahun yang sama.

Banner image courtesy of Christian Bertrand / Shutterstock

0 COMMENTS