dnb

Mengamati Pergerakan Genre Drum n Bass Lewat Film Dokumenter ‘Drum & Bass: The Movement’

  • By: NND
  • Minggu, 7 June 2020
  • 8290 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Label musik elektronik kawakan, Drum&BassArena, resmi meluncurkan sebuah film dokumenter baru bertitel Drum & Bass: The Movement--sebuah film yang telah disusun selama lima tahun lamanya, mengisahkan tentang sejarah dan perkembangan genre Drum ‘n’ Bass (DnB). 

Dokumenter musik terbaru itu berdurasi sepanjang 80 menit. Narasinya fokus mengisahkan perjalanan genre DnB sepanjang tahun 1996 hingga tahun 2016. Film ini juga menampilkan beberapa cuplikan dan wawancara ekslusif dari jajaran legenda genre tersebut; termasuk diantaranya Goldie, Grooverider, Andy C, DJ Hype, Roni Size, MC GQ, Skibadee, Total Science, Digital & Spirit, serta Ed Rush & Optical. Adapula kehadiran label-label penting bagi perkembangan DnB, yang dimuat ke dalam Drum & Bass: The Movement; seperti Hospital Records, Critical Music, serta Renegade Hardware.

Dokumenter ini menampilkan “perkembangan dan pertumbuhan cepat dari musik dan kultur drum ‘n’ bass serta jungle secara spesifik dan intense,” dilansir dari DJMag.com

Sebagai sebuah genre, DnB sendiri lahir dari subkultur underground rave dan jungle milik Britania Raya di tahun 90-an. Karakteristik umumnya adalah ketukan break drum yang cepat dan ikonis (Amen break), bassline berat, dan penerapan teknik sampling--baik itu sampling musik reggae dan jamaica, ataupun jazz dan funk.

Hingga sekarang, ia masih menjadi salah satu genre musik elektronik paling populer di Britania Raya dan dunia. Berawal dari bawah tanah, DnB berhasil mendunia dan menyusup masuk ke berbagai genre lain. Terbukti, banyak nama-nama besar dalam dunia musik pada umumnya yang mengkorporasikan musik ini ke dalam karya mereka; seperti Linkin Park, David Bowie, Nine Inch Nails, Missy Elliot, dan lain sebagainya.

Kembali membahas film dokumenter baru ini; di balik layar, adalah Bailey Hyatt yang mengisi bangku sutradara, Craig Haynes sebagai produsernya, serta Dave Jenkins sebagi writer-nya. Drum & Bass: The Movement sudah resmi beredar semenjak tanggal 25 Mei 2020 kemarin, diunggah ke YouTube melalui akun Drum&BassArena. Langsung saja buat menambah pengetahuan musik lo, tonton di bawah ini:

0 COMMENTS