Mengenal Deretan Layanan Musik Digital di Indonesia

  • By: NTP
  • Senin, 19 March 2018
  • 4460 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Memasuki paruh akhir dekade 2010, pendengar musik di Indonesia dimanjakan dengan riuhnya layanan musik digital dan streaming. Walau beberapa mengorbankan kualitas suara bagi para pengguna non-langganan, tapi layanan streaming tetap digemari.

Menurut laporan Online Music Streaming Survey 2018 oleh Daily Social, 88% dari 1718 responden menggunakan layanan streaming musik, dan 52% berlangganan di berbagai layanan.

Kemudahan dan kepraktisan layanan streaming memungkinkan toko musik digital ini dikantongi siapapun yang memiliki ponsel. Keunggulan lain layanan streaming adalah katalog luas, dari musisi dan band arus utama hingga album yang hanya didengarkan 1.000 kepala. Streaming kini jadi cara termutakhir menikmati rekaman musik.

Namun, tiap layanan streaming musik dan toko musik digital memiliki keunggulan berbeda dan spesialisasi. Beberapa nama yang tidak bisa ditemukan di Spotify akan kita temui di Apple Music. Sementara fitur lirik otomatis akan kita temui di Joox tapi tidak di kedua layanan tersebut. Berikut adalah beberapa layanan streaming musik dan toko musik digital dengan berbagai kekurangan serta keunggulan mereka

Apple Music

Aplikasi layanan musik digital Apple ini menyediakan koleksi lagu dari katalog iTunes. Selain itu, Apple Music juga menyuguhkan radio live yang dipandu oleh beberapa DJ dan musisi kenamaan, seperti Julie Adenuga dan James Blake. Layanan Apple Music bisa dinikmati secara gratis selama tiga bulan pertama pemakaian. Lagu-lagu koleksi Apple Music bisa dimainkan dalam jaringan atau diunduh. Pengguna bisa berlangganan secara individu atau bersama-sama. Aplikasi ini tersedia di plaform iOs, Android dan Windows (PC).

Deezer

Layanan musik digital Perancis ini sudah tersedia di Indonesia sejak 2012. Katalog Deezer dapat dimainkan secara gratis selama satu bulan. Setelah satu bulan layanan gratis hanya bisa dinikmati selama dua jam per hari. Aplikasi ini hanya memiliki satu mode berlangganan yaitu individual per bulan. Deezer tersedia di platform Android, iOS dan Windows (PC).

Google Play Music

Dikenal memiliki salah satu katalog musik terbesar, koleksi Google Play Music mencapai 35 juta lagu. Layanan aplikasi ini bisa dinikmati dengan cara mengunduh atau streaming. Lagu-lagu Google Play Music juga bisa dinikmati secara gratis dengan daftar putar yang bisa diisi 50.000 lagu. Sedangkan pengguna premium bisa mengakses 30 juta lagu yang tersedia dalam katalog Google Play Music. Pengguna juga bisa memilih berbagai stasiun radio berdasarkan genre, dekade, dll. Salah satu fitur unggulan Google Play Music premium adalah akses YouTube Red dan YouTube tanpa iklan. Aplikasi ini hanya tersedia di platform Android.

Joox

Aplikasi musik digital ini adalah produk dari Tencent, perusahaan internet asal Tiongkok. Berbeda dengan beberapa layanan musik digital lain, Joox mengandalkan kurasi konten lokal dengan tim editorial lokal. Salah satu fitur khas Joox adalah ketersediaan lirik untuk setiap lagu, terutama karya musisi dan band lokal. Secara otomatis Joox akan mencari lirik lagu yang sedang diputar. Layanan premium Joox dimulai dari langganan per minggu, bulan hingga setahun penuh.

Langit Musik

Aplikasi ini merupakan layanan musik hasil kerjasama Telkomsel dengan MelOn. Walau demikian, layanan berlangganan Langit Musik hanya tersedia bagi pengguna operator Telkomsel. Pengguna yang tidak menggunakan layanan telekomunikasi tersebut hanya bisa mengakses lagu-lagu tertentu. Hingga kini, Langit Musik mengklaim memiliki 6 juta lagu lokal dan internasional. Aplikasi ini tersedia platform Android, dan iOS.

MelOn

Aplikasi musik digital adalah garapan perusahaan gabungan atau joint venture antara PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan SK Telecom Korea. MelOn memiliki katalog yang memuat koleksi lokal dan mancanegara. Pengguna dapat mengunduh musik manasuka atau dimainkan dalam jaringan dengan cara berlangganan. MelOn dapat digunakan dalam platform Windows (PC), Android, dan iOS.

Spotify

Aplikasi ini termasuk layanan streaming musik dan digital terbaru di Indonesia, lantaran baru dirilis di tanah air pada tahun 2016. Selain pengguna bisa mendengarkan langsung melalui halaman web, aplikasi Spotify bisa digunakan secara gratis dengan batasan tertentu dan selipan iklan. Layanan Spotify versi premium bisa diakses menggunakan paket individu dan kelompok bulanan atau tahunan. Pada versi gratis, pengguna juga tidak bisa melewati lagu dalam daftar putar. Pengguna juga tidak bisa memilih kualitas musik di 320.  Pada layanan berbayar, pengguna bisa mendengarkan semua koleksi lagu yang ada. Aplikasi ini tersedia di platform Android, iOS, dan PlayStation, Windows (PC).

Yonder

Yonder Music adalah aplikasi musik digital yang berasal dari kota New York. Katalog Yonder menyediakan jutaan musik-musik siap unduh. Diluncurkan di Malaysia pada November 2015, di Indonesia Yonder Music menjalin kerjasama eksklusif dengan XL, dimana semua pelanggan XL bisa menikmati layanan dari Yonder Music tanpa dikenai biaya berlangganan. Yonder memiliki fungsi putar langsung dan unduhan otomatis. Keunikan fitur Yonder Music adalah Snap Karaoke yang bisa digunakan oleh pengguna untuk merekam video saat bernyanyi dengan menggunakan streaming musik yang ada di playlist Yonder.

Di antara layanan musik digital di atas, ada yang jadi favorit kamu? Share lewat komentar di bawah ya!

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
201 views
supershow
344 views

Rich Brian Bakal Beraksi di Jakarta

superbuzz
1259 views
superbuzz
385 views
superbuzz
2107 views