run the jewels

Mengenal Duo Rapper Buas Run The Jewels dan Album Baru Mereka

  • By: NND
  • Selasa, 9 June 2020
  • 2047 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Agresif, liar, keras dan braggadocious--barangkali seperti itulah gambaran musik yang dimuntahkan oleh Run The Jewels (RTJ), duo supergroup rap/hardcore hip-hop asal Amerika yang dikepalai oleh El-P dan Killer Mike. Sebelum aliansi “mengerikan” ini dipatenkan, keduanya pun sudah menjadi nama yang prominen dalam sirkuit underground Amerika. Dan ketika RTJ lahir, tidak ada yang siap dengan ledakan rima dan beats banger darinya.

Aktif semenjak awal dekade 2010-an, mereka sudah mengantongi empat studio album dalam diskografinya (dan satu album remix crowdfunded, Meow the Jewels - 2015). Pada tanggal 5 Juni 2020 kemarin, di tengah pandemi dan isu rasial yang menjadi keresahan utama masyarakat dunia, mereka melepas album baru secara mendadak. Run The Jewels 4 resmi mendarat, serentak menjadi ode perlawanan yang mewakili banyak suara masyarakat dalam memperjuangkan keadilan mereka.

Sejenak menapak tilas, RTJ resmi terbentuk setelah El-P didapuk menjadi produser untuk album jebolan tahun 2012 milik Killer Mike, bertitel R.A.P. Music. A match made in hell--katakanlah, dan cetak biru pun mulai diarsir. Album self-titled debut mereka mendarat setahun kemudian.

Benih musikal beringas yang ditanam di bawah tanah hanya akan terus tumbuh dan berkembang, hingga pada akhirnya berhasil naik ke permukaan. Ranah mainstream tak bisa luput dari karakter bravado nan “galak”. Sejak album sophomore Run The Jewels 2 beredar, musik mereka berhasil mendunia, menyadarkan semua telinga bahwa RTJ tidak boleh diremehkan sama sekali.

Hingga Run The Jewels 3, duo El-P dan Killer Mike menjadi household name dalam kancah rap/hip-hop. Karier mereka pun dilengkapi dengan CV kolaborasi yang solid--salah satunya adalah Zack De La Rocha (Rage Against The Machine) yang sudah dua kali masuk ke dalam repertoar album mereka, baik di album kedua maupun ketiga--sebuah kolaborasi yang terus dilanjutkan kemarin, saat mereka mengejutkan dunia dengan album nomor empat.

Run The Jewels 4 rilis secara mendadak (dan gratis, seperti tiga album sebelumnya) di waktu yang tepat. Di tengah perjuangan keadilan melawan rasisme di Amerika dan pandemi global, RTJ 4 menyalurkan frustasi, amarah, dan perjuangan masyarakat kontemporer dengan cara mereka sendiri: heavy beats dan rima yang pedas. Singkat kata, RTJ 4 adalah album yang berisik, yang terasa serasi sebagai soundtrack untuk melantangkan “suara” kalian agar didengar oleh siapapun yang perlu mendengarkannya.

Angkat topi untuk progresi album yang disusun rapih, membuat pengalaman mendengarkan terasa begitu meresap; juga kepada produksi album yang berkualitas. Zack De La Rocha, Pharrell Williams, Josh Homme (Queen of the Stone Age), dan masih banyak lagi--RTJ juga kembali menggring kolaborasi yang apik di album barunya. Dengan persembahan studio album keempat ini, El-P dan Killer Mike seakan kembali memastikan hal yang sudah bisa dipastikan: bahwa mereka adalah duo rap paling beringas di generasi sekarang!

Unduh album gratis mereka, di sini.

0 COMMENTS