soulection

Mengenal Soulection, Platform Soul/Hip-Hop Berpengaruh dari LA

  • By: NND
  • Rabu, 29 July 2020
  • 159 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Barangkali kalian pernah mendengar nama Soulection di jajaran siaran radio di internet? Atau melihatnya merilis materi baru dari musisi/DJ favorit kalian? Startup musik yang bergerak dalam bidang digital ini berhasil menjadi sebuah success-story yang menginspirasi.

Ya, sebuah startup. Soulection mendeskripsikan diri mereka sendiri sebagai sebuah startup musik digital dan teknologi. Wujudnya? Melingkupi sebuah label rekaman independen berbasis di L.A., sebuah siaran radio internet, juga sebuah kolektif yang berisikan kumpulan DJ dan produser--masing-masing menggunakan platform internet macam SoundCloud, Mixcloud, Bandcamp, Facebook, Twitter dan Instagram untuk mengembangkan karya dan bisnis.

Pada mulanya, Soulection resmi dibentuk di tahun 2011. Meski begitu, ada versi podcast dari siaran radio mereka yang sudah tayang beberapa tahun sebelum entitasnya terbentuk. Soulection mulanya didirikan sebagai sebuah platform showcasing yang menampilkan musik beats-based dan sejumlah party di wilayah L.A..Sekarang, mereka telah menjadi sebuah entitas yang jauh lebih besar dari visi awal tersebut.

Dua tahun terakhir ini fokus Soulection bertempat di tur dunia. Hanya dalam dua tahun, mereka telah berhasil mengunjungi enam benua dan bermain di banyak venue lintas negara, kebanyakan menjadi acara sold-out yang dipenuhi pengunjung. Mereka juga memiliki acara bulanan di Downtown L.A. yang secara konsisten menjual 1000 tiket lebih.

Merekam jejak, acara radio mereka, dinamakan Soulection Radio, awalnya mengudara pada tanggal 24 Januari 2011 (Soulection Radio Show #1). Album  kompilasi mereka pun meluncur di hari yang sama, menampilkan 29 musisi lintas negara dan menjadi rilisan pertama Soulection sebagai sebuah label rekaman. Hingga hari ini, Soulection memiliki banyak kompilasi di balik nama mereka, juga segudang musik-musik segar yang patut untuk digali.

Setelah konsisten dengan siaran radio, mereka juga mulai membangun identitasnya melalui social platform macam SoundCloud, Facebook dan Twitter. Darinya, jumlah pengikutpun meningkat secara konsisten. Tiba di rilisan ke-5 mereka yang sangat laku, Mood dari Evil Needle, barulah mereka serius menjalankan Soulection sebagai sebuah label rekaman.

Semenjak itu, Soulection terus merilis musik. Pengikutnya bertambah besar dan sekarang Soulection Radio telah menjadi sebuah hub andalan banyak orang untuk menikmati musik baru yang berkualitas dari produser/musisi bawah tanah. Dengan tim yang sudah semakin kokoh dan berpengalaman luas, mereka juga telah menjadi event organizer, bertanggung jawab atas sejumlah party yang menakjubkan--hingga tur internasional yang impresif.

 
0 COMMENTS