RSD 2020

Mengintip Daftar Rilisan Internasional Record Store Day 2020

  • By: NND
  • Jumat, 6 March 2020
  • 2846 Views
  • 4 Likes
  • 2 Shares

Seperti biasanya, menapak masuk ke bulan April ini kita akan segera merayakan Record Store Day (RSD). Perayaan RSD 2020 di Amerika, misalnya, sudah hadir dengan kabar-kabar yang mampu bikin ngiler para pemburu plat.

Bagaimana tidak, melansir dari Pitchfork, dikabarkan bahwa RSD 2020 ini akan membuka jalan bagi rilisan-rilisan re-issue ataupun first pressing yang sedap. Tak lupa, beberapa rilisan baru yang sengaja dikemas seiring momentum vinyl-hunting ala RSD dari tahun ke tahun.

Nama-nama besar dalam daftarnya meliputi perilisan dari pilar emo 2000-an, My Chemical Romance, yang menyuguhkan materi album live bertajuk Life on the Murder Scene. Highlight RSD 2020 dilanjutkan dengan first press-nya album Cherry Bomb milik Tyler, the Creator, Back From the Dead 2 milik Chief Keef, serta rapper new-school yang unjuk gigi dengan materi “nyebrang”-nya; plat 7” untuk cover version lagu Rage Against the Machine dari si galak Denzel Curry.  

Adapula album pop yang cukup defining di pertengahan dekade 2000-an, yakni album self titled-nya Robyn yang jebol di tahun 2005 silam yang ikut dirilis di RSD, seakan mengingatkan usianya sekarang sudah mencapai angkat 15 tahun. Album tersebut juga ditemani dengan counterpart “millennials”-nya, yakni first pressing dari mini-album Vroom Vroom kepunyaan Charli XCX.

RSD 2020 Amerika juga menampilkan halaman hip-hop yang cukup subur. Setelah nama rapper kugiran Tyler the Creator dan Denzel tadi, sesepuh-sesepuh rap seakan tidak mau ketinggalan. Sambut box set bertajuk The Essential dari the Notorious B.I.G. yang memuat sembilan keping plat di dalamnya. Atau album The Return to the 36 Chambers versi deluxe milik salah satu “O.G” jebolan Wu-Tang Clan, Ol’ Dirty Bastard (ODB).                                                                                               

Di sisi lain, jangan lupakan Paul McCartney dan solo albumnya, McCartney,yang  juga bisa diborong; atau pahlawan jazz Sun Ra yang mengemas album live Egypt ’71, dan beberapa soundtrack film yang ia garap (seperti Hackers, The Virgin Suicides, Austin Powers, Mortal Kombat, New York, Lethal Weapon, dan lainnya).

Intinya, RSD 2020 ini tidak akan kalah seru dibanding yang sudah sebelumnya digelar. Pantau terus kabar terkait RSD 2020 di Indonesia, hanya di SUPERMUSIC! Informasi terkait daftar lengkap rilisan RSD 2020 ini bisa kalian dapatkan langsung di laman resminya, di sini

0 COMMENTS