Beranda Rumah Mangga

Mengintip Memori Beranda Rumah Mangga Lewat 'Samudra Ingatan'

  • By: NND
  • Sabtu, 24 August 2019
  • 324 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Usai melepas single “Adil Sejak Dalam Pikiran” , grup pop folk asal Kotamobagu, Sulawesi Utara, Beranda Rumah Mangga—atau BRAGA— mengorbitkan mini album bertajuk Samudra Ingatan.

Saat ini, BRAGA diisi Yedi Mamonto (vokal), Vicky Mokoagow (gitar/backing vocal), Vicro Lamusu (rhytm/backing vocal), Christian Bangol (bass), dan Rian Mamonto (drum). Kelimanya tumbuh besar di Bokudai—desa di kaki gunung Ambang, dan telah berteman sejak kecil sebelum akhirnya bermusik di tahun 2006.

Walau sempat vakum di tahun 2008 karena personil yang melanjutkan studi ke luar daerah, enam tahun kemudian mereka kembali disatukan oleh hasrat bermusik. Saat itu, mereka kerap menghabiskan malam di bawah rimbunnya pohon mangga yang tumbuh di beranda rumah Vicky.

Samudra Ingatan memuat lima nomor dengan benang merah di tema “ingatan”. Konteks bahasan yang luas ini menjadi daya tarik BRAGA.

Referensi luas dan sadar sosial—warisan leluhur, korban tragedi ’65, Pramoedya Ananta Toer, hingga ingatan masyarakat pesisir akan "laut yang dulu”—merasuk masuk ke lagu-lagu mereka.

Proses penggarapan Samudra Ingatan menghabiskan waktu selama tiga tahun, dari penulisan lirik dan notasi Vicky Mokoagow, aransemen, hingga proses produksi yang mereka lakukan secara kolektif.

Proses mixing dan mastering digarap bassis Christian Bangol dan ilustrasi setiap lagu di Samudra Ingatan dipercayakan kepada ilustrator asal Makassar, Adi Gunawan (Benang Baja).

Mini album Beranda Rumah Mangga – Samudra Ingatan akan tersedia juga rilisan fisik danl digital—melalui kanal streaming—seminggu setelahnya. Catat tanggalnya, dan jangan lupa untuk mendengarkannya!

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
36 views
supericon
23 views
superbuzz
237 views
superbuzz
192 views
superbuzz
154 views