tom misch

Bersantai dengan Musik Tom Misch

  • By: NND
  • Selasa, 28 January 2020
  • 324 Views
  • 2 Likes
  • 3 Shares

Musim hujan ini, tentu berdiam di rumah untuk mengisi waktu senggang menjadi salah satu pilihan yang paling masuk akal. Ketimbang harus keluar dan kena hujan, kamar tidur menjadi "ruang kabur" yang cukup nikmat. Lebih nikmat lagi, tentunya, jika ditemani musik chill yang bikin betah bermalas-malasan.

Salah satu nama paling megang dalam pendar musik santai-santai adalah Tom Misch-- seorang musisi, beat maker, produser, dan multi-instrumentalis kenamaan asal Inggris, yang awalnya masuk ke dalam radar musik global melalui musik-musik yang ia unggah ke kanal Soundcloud di tahun 2012.

Beats hip-hop yang halus, lembut dan licinnya musik jazz, setruman minim elektronik, dan sensibilitas pop nan catchy--begitulah sekiranya bumbu-bumbu yang memenuhi dapur kreatif seorang Tom Misch. Lihainya, ia mampu berjalan di tengah-tengah semua itu secara pas. Ia pandai meracik takarannya. Alhasil? Semua berada di posisi yang stabil, tak ada yang lebih dominan dari yang lain. Hal tersebut tentu membuat palet musiknya menjadi luas, mampu dicicipi berbagai lidah, atau dalam konteks ini, telinga.

Fast forward hingga sekarang, nama Tom Misch sudah tidak asing lagi. Geledah playlist Spotify orang-orang terdekatmu, tak aneh kalau ada lagu-lagu Tom Misch yang nyelip di dalamnya. Wajar saja, musiknya mampu dinikmati banyak kalangan. Menyukai musik Tom Misch tidak sulit, itu daya tarik utamanya. Album debut Geography yang mengudara di tahun 2018 silam seraya memperkuat statement itu.

Tapi, kala Geography rilis, nampak satu lagi kebolehan Tom Misch, terutama dalam kapasitasnya sebagai seorang produser, yang bak baru disadari oleh publik luas. 13 nomor yang menyusun repertoarnya mengemas berbagai macam kontribusi eksternal, baik dalam halaman penulisan lagu, hingga yang berkolaborasi langsung (GoldLink, De La Soul, Poppy Ajudha, dan Loyle Carner). Semua itu menampilkan seorang Tom Misch yang mampu beradaptasi dengan baik. Menilik empat track kolaborasinya. terlihat bahwa musik gubahan Misch tidak membuat para kolaboratornya repot-repot mengubah style mereka.

Karakteristik para kolaborator mampu dijaga secara aman. Beats hip-hop yang jazz-infused, verse-verse catchy, atau apapun yang itu ciri khasnya yang sedang ia mainkan, ia melakukannya dengan hati-hati sehingga tidak melunturkan wajah asli sang kolaborator. Salah satu rilisan terbarunya, "Money," yang ia kerjakan bersama Michael Kiwanuka, pun bisa diangkat sebagai bukti kasus yang relevan. Kiwanuka terasa tanpa beban membawakan lagu yang melibatkan tangan dingin Misch di balik studio.

Melalui hal ini, kita pun berharap album sophomore-nya nanti akan lebih menitikberatkan fokus kepada kolaborasi yang lebih liar, lebih luas dan berani. Tentu, Tom Misch mampu menawarkan sebuah koleksi yang eklektik dengan bekal kelihaiannya sebagai produser yang versastile. Apa jadinya? Kita tunggu saja nanti--sejauh ini, belum ada kabar yang beredar darinya. Jadi, bersabar dulu, ya!

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
47 views
superbuzz
31 views
superbuzz
40 views
supericon
33 views
superbuzz
65 views