Mental Trip

Mental Trip Rilis Single Baru ‘Lompat Jurang’ dengan Tema Kehidupan Baru

  • By:
  • Minggu, 8 November 2020
  • 376 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Mental Trip kembali melahirkan karya baru di sirkuit industri musik hip hop Indonesia. Mental Trip kali ini merilis sebuah single dengan judul Lompat Jurang.

Mental Trip menghadirkan sesuatu yang berbeda dalam Lagu Ini dengan berkolaborasi bersama Insane, seorang rapper dan penggerak komunitas Hip Hop asal bandung dan Dion seorang musisi sekaligus produser yang telah membantu beberapa artis ternama di Indonesia.

Dengan judul Lompat Jurang, lagu ini bercerita tentang tiga orang sahabat yang sudah lama tidak bertemu. Dalam reuni kecil itu mereka bercerita tentang pernikahan dan perubahan yang dialami sejak masa pacaran hingga sampai di fase menikah.

Terinspirasi dari lagu Maliq & D'Essentials yang berjudul “Dia,” lagu Mental Trip Lompat Jurang dikemas sederhana dengan sampel musik dan beat yang easy listening. Secara metaforik, Lompat Jurang merujuk kepada sebuah arti lompatan ke dalam kehidupan baru yang penuh dengan perjuangan dan tantangan, yaitu : Pernikahan.

Bertema dengan situasi sulit di tahun 2020, Mental Trip mempersembahkan lagu ini dengan tujuan untuk memberi semangat kepada semua orang yang sedang mempersiapkan pernikahan maupun yang sudah menjalani pernikahan selama pandemi COVID-19.

"Beat laidback-nya asyik banget. Dengan lirik yang ringan, sedikit jenaka tapi ada pesan tentang hidup dan harapan. Cocok untuk dinikmati saat merenung sore menjelang malam dan selanjutnya, deep conversation dengan orang terkasih sampai pagi” ujar Panji seorang Music Director mengenai single baru Mental Trip.

“Story telling-nya ‘ngena’ banget, beat simple tapi chill parah, flow dan vibe-nya bikin makin parah” sambung Eizy, Rapper dan Content Creator.

Penggalan Lirik Lagu Lompat Jurang Mental Trip:

Hidupku dulu tidak baik-baik saja

Ku mulai dari nol ya seperti pertamina

Aku tak punya apa-apa, apa lagi harta

Tapi dia terimaku apa adanya

Ku ingat kala mau naik pelaminan

Bingung cari uang harus tambah pendapatan

Mimpi ingin punya kerajaan

Tapi bahkan kita tidak punya kendaraan

Terpisah jarak kita tinggal berbeda kost

Jakarta-Bogor-Bekasi habis diongkos

Traktir makan bintang 5 nya di d'cost

Makanan penutupnya pun cuma kunyah mentos

Lalu ku bisikkan, “Sabar ya sayang.”

Allah tidak buta, selama kita berjuang

Hidup hanya sekali harus ambil peluang

Jangan sampai terpikir tuk lompat jurang.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Lagu ini sangat spesial buat gw. Karena ini salah satu lagu personal yang benar-benar gw garap secara profesional dengan bantuan dari beberapa teman. 1. @insane.bdg rapper veteran asal Bandung yang sekarang lagi aktif banget bantuin generasi hip hop saat ini untuk rilis musik digital lewat @dope.stereo. 2. @dionaldyiqbal teman lama yang baru lumayan intens kontak beberapa bulan belakangan. Produser musik dan juga musisi keren. Suaranya menjadikan chorus lagu ini jadi istimewa. 3. @bulletlakerec dan @obymole yang udah bantu rekaman dadakan beserta dukungan keren saat gw tour ke @hiphop_purwakarta. Gila! Gw berhutang budi pada kalian. Shout out to @indra15inaga juga! 4. @lionflexrecords dan @itseizy yang udah bantu mixing dan mastering lagu ini jadi benar-benar istimewa. Terima kasih banget. Get ready for next project! 5. @nneatstudio milik @nitatrijayanti yang udah bikin artwork sekeren ini! Dan pacaranya Syaichul yang selalu jadi manager dadakan tapi ga punya instagram. 6. Ketinggalan @nalendrakusumadarmawan yang udah editin video ini ditengah kesibukannya wkwkwk. Semoga dilancarkan semua. Terakhir yang paling penting adalah @chitranovia lagu ini untuk kamu. Maaf ya ga bisa masuk playlist @spotify @spotifyasia padahal udah effort banyak hehe. Jadi ga banyak orang yang dengerin lagu ini dan ga banyak juga orang yang tau seberapa kita berjuang buat hidup ini. But it’s oke. Seperti kutipan lirik, “Karena bahagia itu kita yang bikin, baik atau buruk tetap orang komentarin.” Selamat mendengarkan kawan-kawan. Tetap bertahan selama pandemi ini ya! Shout out to: @hiphophorebymugos @bang.julid @tuantigabelas @itsyacko @penikmat.soto @fikarcartman @hiphop_purwakarta @hujan.hiphop @dedhe.crows @edgartauhid @ryan.rapz @wahyugesaputro #hiphop #hiphopindo #spotify #lofihiphop #chillvibes

A post shared by Lingga Wastu (@pandaikata) on

Single anyar Mental Trip ini sudah dirilis pada 16 Oktober 2020 di platform digital dan channel YouTube Mental Trip. Nah, sebelum merilis single Lompat Jurang ini, Mental Trip sebetulnya baru saja merilis sebuah mini album pada 26 Juni lalu.

Sebagai perayaan bermusik selama satu dekade, Mental Trip merilis EP dengan tajuk 5 Steps To Perfection. Mini album ini berisikan 5 lagu dengan tema personal dan kontemplatif yang bercerita tentang keluarga, teman, tempat kerja, dan cuplikan perjuangan hidup seshari-hari.

Semua itu dikemas Mental Trip ke dalam diksi dan metafora yang sederhana. Sekotak Memori dan And You Don't Stop menjadi dua single paling utama dari mini album Mental Trip ini. Lewat lagu Sekotak Memori, Mental Trip mengisahkan tentang kenangan masa kecil seseorang.

"Setiap anak pasti punya kenangan masa kecil bersama kedua orang tua. Meskipun mungkin di luar sana banyak yang tidak seberuntung saya. Lagu ini adalah cuplikan kenangan dan bentuk rasa bersyukur dan terima kasih kepada orang tua, keluarga, teman, dan orang di luar sana yang pernah singgah dalam hidup saya," tulis Mental Trip dalam deskripsi video lirik lagunya di YouTube.

"Dalam hidup banyak orang yang berusaha menjatuhkan kita dan membuat kita berhenti melakukan hal-hal baik. Jangan pernah berhenti. Kejar mimpi dan wujudkan secara bertahap!

Keep It Coming And You Don’t Stop. Terinspirasi dari salah satu lagu House of Pain, lagu And You Don’t Stop menjadi single penting buat Mental Trip," ujarnya tentang lagu And You Don't Stop.

Mental Trip sendiri merupakan proyek solo rap dari Lingga Wastu yang dimulai sejak 2010. Sebelumnya, Lingga sudah terjun ke dunia musik hip hop sejak 2006 di Bogor, Jawa Barat, dengan bergabung bersama grup bernama dE'KRU yang bubar pada 2010.

Karier musik Lingga tak berhenti sampai di situ, ia melanjutkan perjalanannya dengan menjalankan proyek solo melalui Mental Trip alias Elias Fuentes yang diambil dari nama samaran Tan Malaka di Filipina yang berasal dari buku Penjara ke Penjara.

Sejak berkarier solo sejak 2010, Mental Trip telah merilis beberapa single seperti Ego Trip, Gloria, dan Selongsong Kosong (di-remix oleh SciknessMP).

0 COMMENTS