Menuju Album Debut, Spiritbox Rilis Single Baru ‘Secret Garden’

Menuju Album Debut, Spiritbox Rilis Single Baru ‘Secret Garden’

  • By:
  • Sabtu, 26 June 2021
  • 74 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Nama Spiritbox mulai ramai terdengar belakangan ini, terlebih setelah mereka merilis dua lagu sensasional di tahun 2020. Kini, unit alt-metal asal Kanada tersebut kembali membagikan lagu baru berjudul Secret Garden. Dikabarkan bahwa lagu ini merupakan rangkaian menuju album debut Spiritbox.

Single Secret Garden sendiri hadir pada 24 Mei 2021 dan pertama kali diperkenalkan di acara Sirius XM Octane. Namun, alih-alih menghadirkan musik khas metalcore yang penuh dengan teriakan, Courtney LaPlante, sang vokalis Spiritbox menjelaskan bahwa di lagu ini mereka masih dalam tahap awal untuk menemukan suara khas mereka.

Secret Garden memang dihadirkan dengan riff gitar yang berat dan dentuman drum yang intens, namun suara khas Courtney secara tidak langsung menunjukkan identitas musik Spiritbox dari single-single sebelumnya. Courtney mengakui kekhawatirannya akan stigma dari para penikmat musik soal arah dari musik yang Spiritbox mainkan karena merilis single secara berkala.

"Saya rasa ini adalah hal yang paling saya takutkan untuk mengeluarkan sebuah lagu, karena saya menyadari ketika kami terus merilis musik dalam format tunggal, pendengar dapat mulai berasumsi band seperti apa kami, dan khawatir ketika kami tidak sesuai dengan ekspektasi mereka," kata Courtney.

"Saya ingin terus menunjukkan fluiditas yang melekat pada musik heavy, meskipun ini hanya satu bagian dari keseluruhan karya yang mungkin tidak terdengar persis seperti lagu ini. Kami menyukai lagu ini, saya menyukai variasi. Secret Garden adalah single yang menarik buat saya. Saya khawatir, tetapi bersemangat. Rasanya seperti bermain roller coaster," ujarnya.

Bersamaan dengan perilisan single Secret Garden tersebut, Spiritbox juga mengumumkan tajuk dari album debut mereka yaitu 'Eternal Blue'. Album perdana Spiritbox ini rencananya bakal dirilis pada 17 September mendatang melalui label rekaman Rise Records. Nantinya akan ada 12 lagu yang terdapat di album tersebut.

"Kami tak sabar untuk merilis album kami, ini adalah karya yang sudah kami kumpulan selama lebih dari dua tahun. Proses rekaman yang tertunda begitu lama karena pandemi telah membuat saya melihat bahwa saya tidak akan pernah melacak album begitu saja, ini menjadi pengalaman buat saya," ujar Courtney LaPlante.

"Meskipun kami tidak pernah bermaksud untuk menunggu begitu lama untuk merilis album ini, saya rasa hal ini membuat lagu-lagu di dalamnya menjadi lebih punya karakter yang kuat. Saya senang dengan semua lagu, saya berharap bisa merilis setiap lagu dan video musiknya (sebelum album dilepas). Setiap lagu mencerminkan momen dan pengaruh yang berbeda dalam hidup kami. "

"Kami memiliki cukup waktu untuk merilis musik yang tepat yang ingin kami perlihatkan ke publik, tanpa perlu berkompromi. Setiap nada dan setiap suku kata adalah musik yang selalu kami impikan untuk dibuat dan kami sangat bangga akan hal itu," tegasnya.

Spiritbox sendiri didirikan oleh pasangan suami istri, Courtney LaPlante dan MIke Stringer yang bertindak sebagai gitaris. Sebelumnya mereka tergabung di dalam band metalcore asal Amerika, Iwrestledabearonce. Mereka lantas membentuk duo dengan nama Spiritbox pada 2016.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SPIRITBOX (@spiritboxmusic)

Dengan nama Spiritbox, mereka sebetulnya sudah merilis EP pada Oktober 2017. Setelah itu, mereka mulai melengkapi formasi personel band dengan hadirnya Bill Crook sebagai bassist dan Zev Rose mengisi posisi drum. 

Nama Spiritbox kian terdengar setelah mereka merilis lagu Holy Roller pada Juli 2020. Versi asli dari lagu tersebut menghabiskan tujuh minggu sebagai No.1 di "Devil's Dozen" SiriusXM Liquid Metal dan dianggap sebagai lagu No.1 stasiun tahun 2020. 

Kepopuleran Spiritbox semakin meningkat setelah mereka merilis single dan video musik berjudul Constance pada Desember tahun lalu. Lagu ini dan video musiknya disebut sangat emosional dan pribadi karena dipersembahkan untuk mending nenek Courtney dan mendiang nenek dari sutradara video musik tersebut, Dylan Hryciuk.

“Saya datang ke sutradara kami Dylan dengan proposisi: Mari kita buat video musik dan konten lirik lagu pada saat yang sama. Kami berdua merasa terdorong untuk lagu dan cerita yang mencerminkan kesedihan yang kami berdua rasakan tentang nenek kami yang meninggal baru-baru ini," jelas Courtney. 

"Karena penutupan perbatasan (akibat pandemi) saya tak bisa mengucapkan selamat tinggal kepada nenek saya dan lagu ini merupakan penghormatan untuknya. Saya selalu berjanji kepadanya bahwa saya akan bernyanyi di upacara peringatannya, karena dia selalu meminta 'lagu yang indah tanpa teriakan yang menakutkan'."

“Dylan menulis konsep videonya untuk menghormati neneknya, Constance. Video musik kami biasanya memiliki elemen horor, dan kami ingin menjelajahi sisi horor yang berbeda: kengerian perasaan seperti pikiran Anda mengkhianati Anda, karena pertempuran panjang dengan demensia. Atas izin Dylan, kami menamai lagu tersebut Constance untuk mengabadikan kisahnya," ujarnya.

Di antara waktu perilisan video musik Constance dan lagu Secret Garden, Spiritbox merilis lagu baru berjudul Circle With Me pada April lalu. "“Lagu ini ditulis di studio sebagai tambahan di menit-menit terakhir, salah satu dari banyak alasan kami sangat bersyukur tidak lagi bekerja secara eksklusif dari jarak jauh,” tutur Courtney.

Sementara untuk video musiknya, Courtney menjelaskan soal konsep pembuatannya. “Secara visual, kami ingin menyajikan kepada pemirsa gambar kami yang paling kami rindukan: kami tampil di atas panggung, tanpa ada yang disembunyikan di belakang: instrumen, beberapa lampu, dan gerakan kamera yang indah," ujar sang frontwoman Spiritbox itu.

 

Image source: Instagram/Spiritbox

0 COMMENTS