Menuju Album Keempat, Iceage Rilis Single “Shelter Song”

Menuju Album Keempat, Iceage Rilis Single “Shelter Song”

  • By:
  • Jumat, 16 April 2021
  • 57 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Unit punk rock asal Copenhagen Belanda, Iceage, memulai tahun 2021 dengan karya baru. Setelah mengumumkan bakal merilis album kelimanya pada Mei mendatang, Iceage juga mulai mencicil perilisan lagu-lagu baru yang akan masuk ke dalam nomor album tersebut.

Pengumuman akan adanya album baru dari Iceage hadir pada pertengahan Februari lalu. Iceage mengumumkan album baru mereka bertajuk Seek Shelter akan dirilis pada 7 Mei mendatang melalui label rekaman Mexican Summer.

Dalam rangkaian perilisan menuju album baru ini, Iceage sudah lebih dulu melepas single pertama dari nomor Seek Shelter nanti yaitu The Holding Hands. Kemudian Iceage merilis lagu berjudul Vendetta sekaligus video musiknya pada Februari 2021. Video musik lagu ini disutradarai oleh Jonas Bang dan dibintangi oleh aktor Kroasia-Denmark Zlatko Burić.

"Kejahatan adalah arus bawah yang terjadi di segala hal. Jika Anda tidak melihatnya, Anda tidak sedang melihat. Dalam politiknya yang tak terkalahkan, itu adalah perekat yang mengikat semuanya. Vendetta adalah lagu yang tidak memihak sepanjang hal-hal yang terlarang," kata sang vokalis Iceage, Elias Bender Ronnenfelt dalam siaran pers dilansir Pitchfork.

Baca juga: Iceage Kembali dengan Repertoar Punk Bising

Nah, Icegae kini merilis lagu terbaru dalam rangkaian menuju album Seek Shelter yaitu berjudul Shelter Song pada 24 Maret lalu. Lagu ini disebut sangat emosional oleh Iceage. Dalam single ini, Iceage juga telah melepas sebuah video musik yang disutradarai oleh kolaborator lama Catherine Pattinama Coleman yang terinspirasi oleh hubungan antara keluarga dan teman terdekat.

“Sebagai teman masa kecil mereka, penting bagi saya untuk menunjukkan persahabatan kami dan orang-orang yang berbagi kehidupan sehari-hari dengan kami. Jadi, alih-alih membuat video yang penuh simbolisme atau pertunjukan panggung, saya ingin membuat video pribadi dan pribadi dekat di hati kami," kata Coleman.

"Setelah tahun yang sangat gila karena COVID-19, dunia dalam api dan rasisme struktural memuncak sedemikian rupa, saya ingin membuat karya yang bermakna, terutama menjadi wanita dengan kulit berwarna dan sepenuhnya di trimester ketiga saya," lanjutnya.

“Di tengah pandemi, penting untuk diingat bahwa bagi kita yang cukup beruntung memiliki atap di atas kepala kita, makanan, keamanan, cinta, dan perhatian, adalah sesuatu yang sangat berharga. Cinta bukanlah sesuatu yang tidak boleh diterima begitu saja."

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ICEAGE (@iceage)

Iceage sendiri memang dikenal sebagai salah satu unit punk alternatif yang sering menyuarakan pesan dan kritik sosial melalui cara yang lebih halus dan elegan. Mereka jauh dari kesan keras dan serampangan sebagai unit punk.

Album Seek Shelter tracklisting dari Iceage:

  1. Shelter Song
  2. High & Hurt
  3. Love Kills Slowly
  4. Vendetta
  5. Drink Rain
  6. Gold City
  7. Dear Saint Cecilia
  8. The Wider Powder Blue
  9. The Holding Hand.

Adapun, album Seek Shelter ini menyusul album Iceage sebelumnya yang rilis pada 2018 bertajuk Beyondless. Ini menjadi album keempat mereka selama berkiprah di industri musik, setelah terakhir melepas Plowing Into the Field of Love pada 2014. Beyondless berisikan repertoar sebanyak 10 lagu.

Iceage menggandeng sosok model sekaligus solois muda berbakat, Sky Ferreira. Wanita cantik ini ikut menyumbangkan vokal pada track “Pain Killer”. Sebelumnya di pembuka tahun 2018, Iceage telah lebih dulu melepas single perdana, “Catch it”.

Iceage dibentuk sejak 2008. Formasi mereka digawangi kuartet Elias Bender Rønnenfelt (vokal/gitar), Johan Surrballe Wieth (gitar), Jakob Tvilling Pless (bass), dan Dan Kjær Nielsen (drum).

Nama Iceage mulai mencuat di jagat rock bawah tanah lantaran usia para personel yang masih muda (rata-rata berusia 17-18 tahun saat membentuk Iceage), serta mengusung beragam genre mulai dari post-punk, noise rock, hingga punk rock jadi satu.

Album debut Iceage lahir pada 2011 dengan tajuk New Brigade, disusul album kedua bertajuk You're Nothing pada 2013, album ketiga Plowing Into the Field of Love yang mendarat pada 2014, dan termutakhir Beyondless.

Image source: Instagram/Iceage

0 COMMENTS