“Merry Alone”, Cara Stars and Rabbit Bercerita Tentang Kesehatan Mental

“Merry Alone”, Cara Stars and Rabbit Bercerita Tentang Kesehatan Mental

  • By:
  • Minggu, 16 May 2021
  • 158 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Semenjak resmi hadir dengan format baru di awal tahun 2020, Stars and Rabbit memang terlihat cukup aktif dan produktif. Hal tersebut ditunjukkan oleh Elda Suryani dan Didit Saad yang langsung berhasil merilis single yang cukup brilian di awal tahun berjudul Little Mischievous dan merilis album berjudul Rainbow Aisle di tahun yang sama. Tren positif yang hinggap di dalam tubuh Stars and Rabbit tersebut masih terus menjangkit hingga tahun 2021. Beruntungnya, para penggemar Stars and Rabbit juga tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendengar bahwa Stars and Rabbit tengah mempersiapkan perilisan album baru dalam waktu dekat. Pada bulan April lalu, Stars and Rabbit membuka jalan untuk album barunya dengan merilis single perdana berjudul Merry Alone

Untuk single perdana yang menyambut album barunya nanti, Stars and Rabbit mencoba untuk mengangkat pembahasan mengenai isu kesehatan mental. Pembahasan mengenai kesehatan mental tersebut selaras dengan konsep yang tersaji dalam penggarapan album berjudul On Different Days. Elda Suryani selaku vokalis bagi Stars and Rabbit juga mengungkapkan bahwa lagu Merry Alone ini lahir dari pengalaman pribadinya dalam menjalani masa pandemi dengan mengisolasi diri dan hanya bersinggungan perihal Stars and Rabbit saja. 

Dalam menjalani masa isolasi satu tahun terakhir, Elda Suryani mulai mempertanyakan tentang apa yang dirasakan oleh teman-temannya di luar sana. “Apakah saling merasa merasa kesepian?”, “Merasa tidak relevan dengan dunia sekitar karena mau tidak mau harus memutus akses dunia secara riil?”. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diungkapkan karena Elda Suryani pun merasakan hal yang sama menjalani kehidupannya secara pribadi maupun di dalam Stars and Rabbit. Demi mengimbangi tema yang mendalam, Didit Saad merangkum komposisi musiknya untuk dapat terdengar ringan. Didit Saad menggambarkan nuansa yang hadir pada lagu terbaru Stars and Rabbit ini layaknya sebuah padang gurun Amerika dengan kehidupan yang tandus.

Bersamaan dengan kabar terbitnya single tersebut, Stars and Rabbit juga mengumumkan bahwa mereka telah merilis sebuah video klip dalam format animasi untuk single Merry Alone. Video klip lagu terbaru Stars and Rabbit tersebut disutradarai oleh Merry Wijaya dari Aaska Productions. Konsep video animasi yang naratif tersemat pada video klip Merry Alone ini. Sehingga para penikmat musik awam maupun penggemar Stars and Rabbit dapat paham dengan makna yang hadir dibalik lagu dan visualnya. Video klip yang digarap oleh Merry Wijaya tersebut diwakilkan oleh Starboi sebagai tokoh utama yang menjalani kehidupan dan tiba-tiba bertemu dengan sebuah makhluk misterius yang muncul di dunia tersebut. Merry Wijaya secara jelas mengakui bahwa cerita tersebut terinspirasi dari hadirnya pandemi yang secara tiba-tiba dan langsung mengubah tatanan hidup secara masif. Namun, aspek perjalanan hadir dalam cerita pada video klip tersebut sebagai bentuk perspektif, bahwa lambat laun, manusia akan bisa memahami cara menangani virus yang berkembang ini dengan sudut pandang yang berbeda dari hari ini demi menjalani kehidupan di masa depan yang diharapkan bisa menghadirkan kebahagiaan.

Rencananya album On Different Days milik Stars and Rabbit akan rilis pada bulan Juni mendatang. Rencana lahirnya album tersebut memang telah jadi target tersendiri bagi Stars and Rabbit di tahun 2021 ini. Stars and Rabbit sudah mengumumkan 8 judul lagu yang akan melengkapi album barunya nanti. 

Tracklist On Different Days - Stars and Rabbit

  • Merry Alone
  • Moon Lone City
  • Who Am I Now?
  • Misty Garden
  • One Foot
  • Library Of My Mind
  • Pretty Anticipated
  • Time Traveller

 

Image courtesy of Stars and Rabbit

0 COMMENTS