Mesin Tempur Akhirnya Rilis Box Set Vinyl Setelah 16 Tahun Bermusik

Mesin Tempur Akhirnya Rilis Box Set Vinyl Setelah 16 Tahun Bermusik

  • By:
  • Selasa, 2 March 2021
  • 546 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Mesin Tempur akhirnya merilis karya-karya mereka dalam bentuk rilisan fisik. Kabar akan munculnya sebuah sebuah box set vinyl 7” yang berisikan bongkahan harta karun singles dari Mesin Tempur sebetulnya sudah terdengar sejak tahun 2020.

Saat itu pada Juni tahun lalu, melalui label rekaman indie Grimloc Records dan Disaster, mengunggah di Instagram resmi mereka bahwa ada tiga piringan hitam 7” dari box set tersebut yang ditampilkan, masing-masing dengan sleeve dan vinyl yang berwarna terang.

Mengingat bagaimana Mesin Tempur dan musiknya itu dikenal oleh komunitas dan skena musik mereka, tak aneh banyak yang menantikan perilisan ini. Eben Burgerkill misalnya, yang langsung mengunggah repost pengumumannya lengkap dengan caption, “Katanya sih rilisan khusus para Bangsawan.” Unggahan itu pun langsung di disambut hangat oleh Arian13 dari Seringai. “Alus band reggae mah beda,” ujar sang vokalis.

“How to Grind Dumb-Asses for Beginners,” tulis Grimloc Records pada unggahan foto itu. Saat unggahan itu dibuat, belum ada tanggal rilis resmi dari box set vinyl Mesin Tempur tersebut.

Lama tak ada kabar, kabar mengejutkan justru hadir dari Grimloc pada Desember lalu. Dalam unggahan di Instagram mereka, box set vinyl Mesin Tempur yang sudah diumumkan beberapa bulan lalu ditunda penjualannya. Penundaan ini disebutkan sebagai bentuk pembelajaran dari Grimloc kepada Mesin Tempur.

"Setelah pertikaian kami dengan Mesin Tempur seputar ideologi dan filsafat, kami memutuskan untuk tidak menjual box set vinyl 7” mereka sampai waktu yang tak ditentukan, atau sampai mereka membuat permohonan maaf tertulis yang dipublikasikan. Sikap kekanak-kanakan mereka tidak bisa ditolerir karena kita semua butuh pendewasaan skena. Demikian terimakasih," tulis pernyataan Grimloc.

Setelah melewati berbagai macam masalah, kabar gembira itu akhirnya datang pada Februari 2021. Unit grindcore itu akhirnya resmi merilis karya-karyanya dalam format piringan hitam 7". Tak tanggung-tanggung, Mesin Tempur langsung merilis 3 buah piringan hitam yang dijual dalam bentuk box set.

Dengan mengusung tajuk Mesin Tempur "Serem" The Greatest Grind, ini menjadi rilisan fisik pertama setelah Mesin Tempur berkarya di industri musik underground selama hampir 16 tahun.

"Setelah melalui lika-liku produksi yang menyebalkan, kami (Grimloc) dan Disaster Recs akhirnya berhasil merampungkan proyek perilisan semua materi Mesin Tempur. Rilisan ini adalah rilisan resmi pertama mereka sejak mereka eksis 16 tahun yang lalu. Entah mengapa pula harus vinyl dan harus pula format 7". (Percaya lah, kami sudah melobi bolak-balik supaya bisa dirilis dalam format yang lebih murah, jadi jangan tanya-tanya kami lagi soal itu.)," tulis pernyataan Grimloc tentang perilisan karya Mesin Tempur ini.

"Kami tidak perlu menjelaskan seperti apa mereka bersuara, karena apa yang bisa diharapkan dari musik gado-gado parodian grindcore, HC Punk dan Death Metal dengan segala variannya? Dengan legacy satu dekade lebih cari masalah dengan grup hip hop, band beatdown, metalcore dan fans Persib baperan, kami pun tidak paham mengapa mereka tidak sekalian saja menjalani karir meneruskan tradisi D'Kabayan sebagai bodoran garing semesta parahyangan tanpa harus jadi KW-an Kiss atau Slipknot," lanjut pernyataan Grimloc.

"Satu hal yang kami tau pasti, segoblok apapun ide membuat Mesin Tempur, mereka mengeksekusi rekaman ini dengan super serius."

Rilisan fisik Mesin Tempur ini direkam sebelum pandemi melanda dengan berisikan 14 lagu dan menghadirkan beberapa kolaborator yang tidak disebutkan namanya. Box set mesin Tempur ini juga berisikan poster, sticker pack, dan beberapa barang lain.

Tracklist Box Set Vinyl Mesin Tempur “Serem”:

HIP HOP SUX! (Yellow Vinyl)

SIDE A.

  1. HIP HOP SUX!
  2. MARI MEMBACA

SIDE B.

  1. SUPIR ANGKOT GOBLOG
  2. AKU DEATH METAL

BECA TIGULING (Green Vinyl)

SIDE A.

  1. BECA TIGULING
  2. DETKOR KAPITING

SIDE B.

  1. BOM BALI HIJI
  2. BOM BALI DUA
  3. BITDON

INTISARI (Red Vinyl)

SIDE A.

  1. INTISARI
  2. AYOD MAUNG BANDUNG

SIDE B.

  1. KUIS CANGCUT
  2. MANA TUKANG INDOMI
  3. SEX HULU HAYAM

Dari aliran musik yang diusung, Mesin Tempur tentunya punya ciri khas penampilan musik dengan suara gitar berdistorsi tebal, gitar dengan stem rendah, tempo yang cepat, dan biasanya lagu-lagu mereka tidak memiliki durasi yang terlalu panjang.

Tak hanya itu, Mesin Tempur juga punya ciri khas tampil selalu menggunakan penutup muka (topeng) dengan logo tengkorak. Menilik band-band luar negeri, Mesin Tempur punya penampilan yang persis seperti band rock dan metal macam Slipknot, KISS, dan GHOST.

Sebagai band beraliran musik keras dan bising, Mesin Tempur yang berasal dari Bandung, Jawa Barat, ini punya cara unik mencairkan suasana saat tampil di atas panggung. Mereka kerap melemparkan lelucon-lelucon segar khas kedaerahan mereka.

Mesin Tempur pun kerap tampil dengan membawakan lagu yang dibalut lelucon kedaerahan khas mereka. Menariknya, lelucon-lelucon yang bisa mengocok perut tersebut selalu dibalut dengan pesan-pesan moral untuk para penonton.

Aksi-aksi nyentrik dari Mesin Tempur juga tidak kalah menarik. Selain penampilan yang energik, band yang identitas para personelnya dirahasiakan ini kerap membagikan cemilan kepada penonton saat manggung.

Mesin Tempur menyajikan guyonan yang dikemas dengan musik ekstrem. Musik grind dengan komedi? Mesin Tempur adalah band yang memang berpenampilan seperti itu adanya. Serius atau tidak pembawaan mereka, kembali kepada Mesin Tempur yang terus konsisten menonjolkan identitas diri.

Bukti dari banyaknya yang menantikan rilisan fisik dari Mesin Tempur bisa dilihat melalui ludenya penjualan box set vinyl mereka yang diumumkan oleh pada 9 Februari atau kurang dari seminggu setelah karya ini dirilis oleh Grimloc Records.

0 COMMENTS