Metallica Bawakan “Enter Sandman” untuk Memeriahkan Super Bowl

Metallica Bawakan “Enter Sandman” untuk Memeriahkan Super Bowl

  • By:
  • Minggu, 21 February 2021
  • 209 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Pandemi COVID-19 mungkin masih belum reda sepenuhnya, namun geliat untuk bangkit mulai ditunjukkan berbagai sektor termasuk juga industri musik. Salah satu yang mulai menunjukkan eksistensinya kembali adalah unit heavy metal Metallica.

Di tahun 2021 ini, Metallica kembali hadir di panggung pertunjukan untuk menyapa para penggemarnya. Memang bukan dalam acara atau konser yang super megah, namun penampilan Metallica di acara talk show Late Night With Stephen Colbert sedikit membayar rindu akan penampilan unit metal asal Los Angeles tersebut.

Panggung pertama Metallica di tahun baru ini ditandai untuk meramaikan final NFL Super Bowl (National Football League) antara Tampa Bay Buccaneers versus Kansas City Chiefs--yang akhirnya dimenangkan oleh Buccaneers, pada 7 Februari 2021 waktu Amerika Serikat.

Meski tidak manggung secara langsung di depan penonton dan bermain musik di studio mereka Bay Area di California, Metallica tetap mampu memberi penampilan ciamik. Metallica membawakan salah satu hits mereka yaitu Enter Sandman.

Enter Sandman sendiri merupakan lagu Metallica dari album self-titled kelima mereka yang rilis pada 1991. Enter Sandman didapuk menjadi nomor pembukan dari album yang juga dikenal dengan nama The Black Album tersebut.

Single ini mencapai nomor 16 di US Billboard Hot 100 dan meraih sertifikasi platinum untuk lebih dari 1.000.000 eksemplar yang dikirim di Amerika Serikat, memacu penjualan lebih dari 30 juta kopi untuk Metallica dan mendorong Metallica ke popularitas di seluruh dunia.

Enter Sandman sendiri adalah lagu pertama yang ditulis Metallica untuk album eponymous mereka di tahun 1991 itu. Penulisan lagu Metallica pada saat itu fokusnya terutama dilakukan oleh gitaris James Hetfield dan drummer Lars Ulrich, setelah mereka mengumpulkan kaset ide dan konsep lagu dari personel band lainnya, gitaris Kirk Hammett dan bassist Jason Newsted.

Rumah Ulrich di Berkeley, California, digunakan untuk tujuan ini. Enter Sandman berevolusi dari riff gitar yang ditulis Hammett, setelah terinspirasi oleh album Soundgarden tahun 1989, Louder Than Love. Awalnya, panjang riff adalah dua bar, tapi Ulrich menyarankan bar pertama dimainkan tiga kali.

Instrumental demo dari lagu ini direkam pada Agustus 1990, disusul rekaman album Metallica setahun setelahnya. Sebagai single pertama, "Enter Sandman" juga merupakan lagu pertama yang di-mixing, sebuah tugas yang memakan waktu sekitar sepuluh hari karena Metallica dan Bob Rock selaku mastering dan mixing harus membuat suara untuk seluruh album sambil mencampur lagu ini.

 

 

Lirik Lagu Enter Sandman dari Metallica

Say your prayers, little one

Don't forget, my son

To include everyone

Tuck you in, warm within

Keep you free from sin

'Til the sandman, he comes

Sleep with one eye open

Gripping your pillow tight

Exit light

Enter night

Take my hand

We're off to never-never land

Somethings wrong, shut the light

Heavy thoughts tonight

And they aren't of Snow White

Dreams of war, dreams of liars

Dreams of dragon's fire

And of things that will bite, yeah

Sleep with one eye open

Gripping your pillow tight

Exit light

Enter night

Take my hand

We're off to never-never land

Now I lay me down to sleep

Now I lay me down to sleep

I pray the Lord my soul to keep

I pray the Lord my soul to keep

If I die before I wake

If I die before I wake

I pray the Lord my soul to take

I pray the Lord my soul to take

Hush, little baby, don't say a word

And never mind that noise you heard

It's just the beasts under your bed

In your closet, in your head

Exit light

Enter night

Grain of sand

Exit light

Enter night

Take my hand

We're off to never-never land, yeah

Uh

Yeah, yeah

Yo, oh

We're off to never-never land

Take my hand

We're off to never-never land

Take my hand

We're off to never-never land.

Album Baru Metallica Tak Menemui Progres Besar

Enter Sandman hanya satu dari sekian hits yang dilahirkan oleh Metallica. Meski telah meraih sukses besar, Metallica nyatanya belum mau berhenti berkarya. Sudah berusia lebih dari 30 tahun, Metallica berencana merilis album baru.

Sejak pertengahan 2020 ketika masa karantina diberlakukan di berbagai negara akibat pandemi COVID-19, kabar Metallica akan segera mengerjakan proyek pembuatan album baru sudah terdengar ke permukaan. Waktu luang yang lebih banyak tersedia akibat isolasi, nyatanya memberi ruang bagi Metallica untuk membuat musik baru.

Kabar awal tentang album baru Metallica ini dilontarkan oleh sang drummer, Lars Ulrich, pada Juni 2020. Kepada salah satu pembawa acara talk show Swedia, Fredrik Skavlan, Ulrich berbicara bahwa para personel Metallica sudah bertukar ide untuk memberi musik yang segar.

Jika nantinya selesai dikerjakan dan dirilis, album terbaru dari Metallica tercatat akan menjadi album studio ke-11 mereka selama berkarier sejak 1981. Band yang berdiri di Los Angeles, Amerika Serikat, ini terakhir kali merilis album pada 2016 dengan tajuk Hardwired... to Self-Destruct.

Akan tetapi, pada Januari lalu Ulrich memberi kabar terbaru tentang progres penggarapan album baru Metallica. Sang drummer mengaku bahwa belum ada progres signifikan yang dilakukan oleh band-nya.

"Belum ada perkembangan besar. Ini adalah saat-saat paling gila dan tidak ada yang mereda. Ada sedikit pergerakan [ke arah itu], tetapi sulit untuk melakukan banyak hal saat kita tidak bersama," kata Ulrich kepada Classic Rock.

Pandemi COVID-19 nyatanya memang masih menjadi momok yang bikin industri musik kesulitan untuk bergerak. Metallica hanya satu di antara sekian musisi, baik itu veteran atau generasi lebih muda, yang terkendala dalam mengerjakan proses kreativitasnya.

0 COMMENTS