Metallica Gunakan Spotify untuk Mengatur Setlist Konser

  • By: OGP
  • Minggu, 29 July 2018
  • 1177 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Ada banyak cara unik yang dilakukan musisi untuk sekadar mengetahui selera penggemarnya. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Metallica. Di era serba digital ini, kuartet cadas tersebut turut menggunakan sebuah layanan streaming musik untuk menghitung seberapa jauh minat para fans terhadap karya-karya mereka.

Usut punya usut, elit rock ini ternyata menggunakan layanan data di Spotify untuk mengetahui jumlah lagu yang paling banyak didengar fans. Maka tak heran, beberapa waktu ke belakang Metallica kerap menggonta-ganti setlist mereka di tiap kota yang dikunjungi, lantaran menyesuaikan track-track yang paling sering didengar di tiap kota via Spotify.

CEO Spotify, Daniel Ek juga membenarkan bahwa James Hetfield dkk memang menggunakan data dari layanan streaming populer itu. Sebagai contoh, Metallica ingin mengetahui jumlah pasti lagu-lagu mereka yang telah diputar oleh para penggemar di seantero dunia.

“Contohnya seperti Metallica, yang kerap mengubah setlist mereka berdasarkan kota demi kota hanya dengan melihat data yang ada di Spotify, (apa) lagu-lagu paling populer yang pernah diputar di kota itu,“ ungkap Daniel Ek dilansir melalui Metalsucks.

“Tak pernah terbayangkan sebelumnya di mana kau bisa membuat banyak keputusan berdasarkan informasi dan memahami audiensmu sebaik seperti apa yang sekarang dilakukan seorang musisi,” tambahnya.

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
434 views
superbuzz
252 views
superbuzz
606 views
superbuzz
692 views