METALLICA ‘MASTER OF PUPPETS’, CAPAI KADAR ALBUM YANG PATUT DILESTARIKAN

  • By: SS
  • Selasa, 5 April 2016
  • 1495 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

US Library of Congress baru-baru ini menobatkan album Master of Puppets sebagai karya yang patut dilestarikan. Album ketiga dari band cadas asal Los Angeles itu menjadi album bergenre heavy metal pertama yang dipilih – di antara hampir lima ratus album legendaris lainnya dari berbagai aliran musik. Alhasil, Master of Puppets bisa dipastikan bakal menjadi bagian dari US Library Of Congress National Recording Registry.

Setiap tahun, US Library of Congress memang memilih sekitar 25 album rekaman yang secara budaya, historis, serta estetikanya dirasa memiliki pengaruh yang signifikan bagi Amerika Serikat. Karya album yang dikurasi dan dilestarikan itu pun minimal kudu berusia setidaknya sepuluh tahun. Dengan bantuan dari dewan pelestarian rekaman nasional, para pustakawan memilih berbagai album rekaman legendaris sejak tahun 2000. Sampai  sekarang, sudah sekitar 450 album yang masuk dalam daftar bergengsi tersebut.

Master of Puppets dipilih karena album tersebut dianggap sebagai karya yang berhasil mendobrak dan mengubah budaya musik metal di era 80-an. Sebagaimana yang telah dinyatakan oleh US Library of Congress, “Rilisan ketiga dari Metallica ini menunjukkan bahwa mereka bergerak ‘menjauh’ dari sejarahnya thrash metal, dan juga menunjukkan reputasi serta inovasi mereka dalam mengeksplorasi ide-ide baru. Thrash merupakan reaksi terhadap pop-metal di awal 1980-an, yang bertujuan untuk memperbarui musik metal  dengan menekankan ‘kecepatan’ dan ‘agresi’.”

Menurut informasi dari situs Loudwire, Master of Puppets merupakan satu-satunya album metal yang terpilih dalam penobatan tahun ini. Rekaman ini akan disandingkan bersama dengan album-album signifikan lainnya seperti Piano Man karya Billy Joel, Abraxas milik Carlos Santana, dan Class Clown Comedy garapan George Carlin.

Foto: Metallica, Loudwire, RS

0 COMMENTS