Metallica Meminta Maaf Setelah Menuntut Band Cover Secara Hukum

  • By: LS
  • Senin, 18 January 2016
  • 4827 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Dengan nama sebesar sekarang, Metallica memiliki banyak pengikut, mulai dari penggemar, pemburu rilisan langka sampai cover band. Apa lagi alasan dari semua kegiatan itu kecuali rasa kagum dan apresiasi mereka terhadap musik Metallica.

Cover band yang membawakan lagu-lagu Metallica sudah pasti bertebaran di mana-mana. Sebagian besar dari mereka adalah band lokal yang memiliki penghasilan tidak begitu banyak dari manggung. Mereka memainkannya hanya sebagai hobi. Tidak menuntut kemungkinan juga mereka masih harus nombok beli equipment agar memiliki sound yang mendekati Metallica. Di luar semua itu, Metallica mungkin tidak peduli.

Akhir Desember lalu cover band Metallica asal Kanada bernama Sandman dituntut secara hukum oleh pengacara dari Metallica, karena memakai trademark dari band yang mereka cover. Sebanyak 41 halaman berisi gugatan tersebut dilayangkan pada 30 Desember 2015, bertepatan dengan gig yang Sandman jalankan. Dalam salah satu halaman surat yang terdapat pada situs rockfeed.net, Sandman digugat karena penggunaan logo yang sama persis dengan Metallica.

Jauh sebelum tuntutan hukum ini, Sandman telah menggunakan logo tersebut selama bertahun-tahun dan tidak mendapatkan masalah. Ya, sesungguhnya Metallica pun tidak menganggap hal tersebut sebuah masalah. Seperti yang dilansir oleh NME, Metallica memang tidak mengetahui soal gugatan tersebut. “Baik kami maupun manajemen kami tidak tau sampai hal ini muncul secara online. Beruntung untuk kami, band ini cukup baik untuk mengeposnya untuk kami lihat,” tutur mereka.

[bacajuga]

Sandman should file the letter in the trash,” lanjut mereka. Sebagai pengacara dari Metallica, mungkin saja mereka tak paham soal dunia cover band itu seperti apa dan bagaimana Metallica menyikapinya. Toh, pada akhirnya Metallica mencabut gugatan dan mendukung apa yang dilakukan oleh Sandman.

"Keep doing what you’re doing... we totally support you! And in the meantime, our attorney can be found at SFO catching a flight to go permanently ice fishing in Alaska," cetus mereka.

Foto: Metal Sucks 

0 COMMENTS