Meyakini Mimpi-mimpi Isyana Sarasvati Lewat Single IL SOGNO

Meyakini Mimpi-mimpi Isyana Sarasvati Lewat Single IL SOGNO

  • By:
  • Selasa, 6 April 2021
  • 129 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Isyana Sarasvati terus melanjutkan inovasinya dalam bermusik dengan kembali merilis lagu yang antimainstream. Isyana Sarasvati merilis single baru dengan judul IL SOGNO pada Sabtu (6/3/2021).

Seperti pada karya-karya paska album LEXICON, Isyana Sarasvati membungkus IL SOGNO sama menariknya seperti single-single sebelumnya. Di lagu ini, Isyana Sarasvati kembali melakukan eksplorasi anti mainstream dengan perpaduan elemen rock klasik.

Layaknya single sebelumnya, Unlock The Key, dan album LEXICON, Isyana Sarasvati membawakan IL SOGNO dengan balutan instrumen progresif rock. Pendengar bisa menemukan distorsi, power play gitar, hingga ketukan drum double pedal yang cukup intens di lagu tersebut.

Musik dengan durasi 3 menit 33 detik ini dibuka dengan intro suara piano dan cello yang begitu halus serta paduan suara seriosa Isyana Sarasvati yang bikin Il SOGNO terasa seperti lagu teatrikal pada awalnya.

Namun, ketika sudah mulai "dimanjakan" dengan suara tenang itu, Isyana Sarasvati menghadirkan suara vokal yang diiringi biola serta tabuhan drum juga riff gitar yang kental.

Isyana Sarasvati mengaransemen lagu IL SOGNO yang dalam Bahasa Italia berarti mimpi bersama Kenan Loui. Sesuai dengan artinya, IL SOGNO menjadi gambaran mimpi-mimpi Isyana Sarasvati.

Baca juga: Isyana Sarasvati dan Redrose Records: Rumah untuk Semua Jenis Musik

"Setelah merilis UNLOCK THE KEY, Isyana Sarasvati kembali dengan lagu baru. IL SOGNO adalah lagu yang digubah oleh Isyana sebagai rekoleksi dari mimpi-mimpinya, dan upayanya untuk memahami makna tersembunyinya," bunyi keterangan di deskripsi laman YouTube Isyana Sarasvati.

"Diawali dengan tempo adagio dan diakhiri dengan tempo prestissimo. Terjemahan pengalaman yang datang dari dalam mimpi Isyana Sarasvati," lanjut deskripsi itu.

“Kita sering kali tidak menyadari bahwa hanya dalam waktu singkat, sebuah mimpi dapat diisi dengan banyak pemandangan, waktu, dan tempat yang berbeda. Itulah yang membuat mereka begitu menarik, dan itulah yang digambarkan oleh lagu saya; cerita dari alam bawah sadar diceritakan dalam waktu kurang dari 4 menit," ujar Isyana Sarasvati.

Sama seperti lagu Unlock The Key, lagu terbaru Isyana Sarasvati ini juga dilepas melalui label rekaman garapannya sendiri, Redrose Records. Selain merilis lagunya, Redrose Records juga merilis peralatan yang disebut sebagai "alat untuk menulis hingga menggambarkan mimpi" bernama Il SOGNO Dream Kit.

"Mimpi adalah pertanda. Alam bawah sadar kita sering membimbing kita untuk memilih jalan yang penting. Kami mempersembahkan The Book of Dreams; alat untuk menulis, merekam, membuat sketsa, dan menangkap semua impian Anda," tulis Redrose Records di akun resmi Instagram mereka.

"Kami telah berkolaborasi dengan beberapa artis yang berbagi visi yang sama, masing-masing membawa cara unik mereka sendiri untuk mengekspresikan hasrat mereka. Kami berharap koleksi ini akan mendekatkan IL SOGNO kepada Anda. Entah bagaimana, mimpi sepertinya selalu hidup," lanjut mereka.

Transformasi dan Gebrakan Isyana Sarasvati

Di pengujung tahun 2020 dan memasuki tahun 2021 seolah menjadi momentum bagi Isyana Sarasvati untuk memberikan serangkaian kejutan di industri musik Tanah Air. Isyana Sarasvati sedikit keluar dari sisi lembutnya dengan menyuguhkan komposisi musik yang jaw-dropping. 

Selain tanda-tanda yang ditunjukan lewat album LEXICON, Isyana Sarasvati menegaskan perubahan yang ia buat melalui lagu Unlock The Key. Isyana Sarasvati menyebut bahwa single Unlock The Key adalah lagu yang berisikan luapan emosi dan sisi lain dari dirinya.

Sisi tersebut disebut hanya bisa diungkapkan oleh dara berusia 27 tahun itu melalui media musik. “Aku memiliki beberapa sisi diriku yang tidak dapat aku tunjukkan ke muka umum dan aku pikir orang-orang lain juga merasakannya. Tapi bagiku, satu-satunya cara untuk benar-benar mengekspresikannya adalah melalui musik,” tulis Isyana Sarasvati di Twitter pribadinya.

Tak hanya single baru dan nuansa baru dalam single anyar yang dipersembahkan Isyana Sarasvati pada tahun 2020. Saudari kandung dari penyanyi wanita Indonesia, Rara Sekar, ini sebelumnya telah membuat label rekaman sendiri dengan nama Redrose Record.

Semakin lengkap langkah baru Isyana Sarasvati karena single Unlock The Key merupakan rilisan pertama di bawah naungan label rekamannya sendiri. Sebelum membangun label sendiri, Isyana Sarasvati bergabung dengan Sony Music Entertainment Indonesia.

Bagi Isyana Sarasvati, merintis sebuah label rekaman telah menjadi impiannya sejak lama. Ia juga berharap, usaha rintisannya ini akan menjadi tempat bagi para musisi untuk berkembang sesuai dengan identitas mereka masing-masing.

 

Image source: Instagram/Isyana Sarasvati

0 COMMENTS