MONKEY TO MILLIONAIRE: Rilis Album Terbaru, Tanpa Koma

  • By: NTP
  • Selasa, 7 March 2017
  • 1755 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Monkey To Millionaire, duo alternative rock asal Jakarta, telah melepas album terbaru berjudul Tanpa Koma di awal Maret 2017. Album ketiga tersebut adalah rilisan terbaru Monkey To Millionaire setelah empat tahun absen melepas album. Inertia, yang dirilis pada 2013, adalah kali terakhir mereka melepas album penuh. Tanpa Koma diproduseri oleh Monkey To Millionaire dan dirilis melalui Binatang Records.

Menurut siaran pers yang diterima SuperMusic ID, duo yang dihuni Wisnu Adjie (gitar, vokal) dan Aghan Sudrajat (bass) ini sudah mulai membentuk Tanpa Koma  sejak Inertia selesai direkam.

“Di Monkey to Millionaire kebiasaan kalau sehabis bikin album, sudah kepikiran yang berikutnya. Jadi yang dipikirkan setelah Inertia, ya bikin album ketiga,” ujar Wisnu.

“Lebih ke penasaran, ‘Kalau bikin lagu syahdu, bisa nggak?’ Tapi pada akhirnya, eksekusinya banyak juga lagu yang kencang, cuma nggak sekencang Inertia,” tambahnya.

Menurut Aghan, proses produksi Tanpa Koma merupakan yang paling rumit di antara tiga album Monkey To Millionaire. Kerumitan tersebut termasuk melibatkan dua mixing dan mastering engineer berbeda. Selain itu, Tanpa Koma juga direkam di tiga dapur rekaman berbeda, yaitu SAE Jakarta, Syailendra Studio, dan Studio Monyet (julukan bagi rumah Aghan) sejak 2015.

Monkey To Millionaire sendiri merasa puas dengan hasil rekaman yang menurut mereka “Terdengar kaya namun tidak berlebihan,” walau harus menjalani proses rekaman yang berliku. Menurut siaran pers tersebut, lagu-lagu Tanpa Koma sarat bebunyian yang memanjakan telinga.

Sementara itu, departemen lirik juga mengalami perombakan besar, tidak seperti dua album sebelumnya, Tanpa Koma sepenuhnya berisi larik berbahasa Indonesia. Tema-tema yang ditulis Wisnu juga lebih pribadi dan gelap.

“Gue benar-benar nggak bisa banyak cerita, karena banyak persoalan internal. Makanya judulnya Tanpa Koma, karena persoalan internal itu nggak berhenti. Gue nggak suka lirik lagu tentang kepositifan secara gamblang, karena nggak seru. Kalau senang, pasti kelihatan. Untuk apa ngomong sesuatu yang sudah kelihatan?,” papar Wisnu.

Walau demikian, Wisnu juga menyampaikan harapan Monkey To Millionaire pada Tanpa Koma hanyalah satu, yaitu memperdengarkan lagu-lagu berkualitas dan bisa dinikmati oleh para pendengar. Mereka juga menyatakan sudah mulai menggodok album keempat.

“Kalau gue beli album band, gue cuma mengharapkan lagunya enak. Nah, yang gue harapkan di album ini adalah semoga yang dengar merasa lagunya enak,” tutup Wisnu.

Dengarkan single "Tular" dari album terbaru MonkeyTo Millionaire di bawah ini: 

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
3186 views
superbuzz
1869 views