MOONER: Rilis Album Debut April Mendatang

  • By: NTP
  • Senin, 20 March 2017
  • 2652 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Mooner, kuartet heavy rock asal Bandung, tengah bersiap merilis album debut berjudul Tabiat pada 20 April mendatang. Mooner adalah proyek sampingan Absar Lebeh (skateboarder, gitaris The Slave), Pratama Kusuma Putra (drummer Sigmun), dan Rekti Yoewono (vokalis/gitaris The Sigit) yang bermula dari sesi jamming. Sementara posisi vokal diisi Marshella Safira (vokalis latar Sarasvati) yang bergabung belakangan.

Ide membentuk unit heavy rock ini berawal dari keinginan Absar untuk menggarap musik latar bagi video skateboard miliknya. Ide ini berakar dari kedekatan Absar, Tama, dan Rekti dalam lingkungan musik dan skateboard. Riff-riff gitar yang dikerjakan Absar sehari-hari memicu keinginannya untuk membentuk kerangka tersebut menjadi lagu-lagu yang utuh. Gitar Absar pun kemudian disambut permainan bass Rekti dan hentakan drum Tama, yang akhirnya dibalut vokal Marshella.

Sound berat Mooner tidak selalu berpijak dalam tempo cepat, karena mid-tempo juga seringkali menjadi tulang belakang lagu-lagu di album Tabiat. Keinginan membuat musik latar, membuat sound Mooner bergerak luwes dan dinamis.

Mereka mengaku terpengaruh sound heavy rock album-album keluaran Vertigo Records (Black Sabbath, Magma, dan Thin Lizzy) dan warna psychedelic/hard rock Akarma Records (Blue Cheer, Atomic Rooster, dan Creedence Clearwater Revival), juga grup lokal legendaris seperti AKA dan Panbers. Mooner tidak sekedar mereka ulang pengaruh tersebut, bahkan, kekhasan sound band-band utama para personil pun tidak mendominasi musik Mooner.

Permainan drum Tama yang lebih lepas, bergantinya posisi Rekti pada bass, dan riff-riff variatif Absar membentuk sound heavy rock yang padu dengan lapisan ringan vokal Marshella. Tabiat adalah hasil Mooner menciptakan identitas musik mereka sendiri. Sementara hasil akhir rekaman ditangani departemen mixing, yaitu Rekti dan Avedis Mutter dari Rebuilt 40124 Studio. Menurut siaran pers yang diterima SuperMusic.id, Tabiat dikerjakan selama satu tahun dengan santai di Red Studio, Bandung, di sela-sela waktu luang para personil Mooner.

Tabiat akan dirilis dalam format CD, kaset, dan digital. Format kaset hanya tersedia dalam jumlah terbatas dan dijual sepaket dengan CD, kaset, dan kaos.

Tonton penampilan live dari Mooner di bawah ini:

 

0 COMMENTS