Morgensoll ngengat

Morgensoll Rilis Ulang 'Ngengat' di Format Kaset Pita

  • By: NND
  • Rabu, 11 September 2019
  • 414 Views
  • 10 Likes
  • 5 Shares

Morgensoll adalah proyek asal Jakarta besutan Haecal Aliba Benarivo yang mengusung genre post-metal dan post-rock. Memilih lintasan musik tanpa vokal dan lirik semenjak tahun 2016 silam.

Sejauh ini, Morgensoll sudah berhasil menelurkan tiga materi digital—dua di antaranya adalah single (“Introvert”, “Ngengat”) dan satu materi live (berisikan tiga trek) bertajuk PROLOGUE.

Saat bertemu dengan Gabe Gabe Tapes—label kaset dari Jakarta—ia dan Kamar Bising (kolektif asal Jakarta) memutuskan untuk merilis ulang single “Ngengat” dalam format kaset.

“Ngengat” sebagai single kedua yang ia rilis, beredar tepat tahun lalu—pada bulan September 2018.

Trek berdurasi panjang ini mengambarkan nuansa sedih, perih, resah, pasrah dan mencekam. Di dalamnya, terdapat juga vokal serta puisi gelap guratan Kezia Alaia yang mengkisahkan ulah teroris yang melakukan aksi bom di Surabaya kala itu.

Mengupas tahap produksinya, “Ngengat” memakan waktu satu bulan untuk digarap. Morgensoll mendapatkan bantuan di penulisan lirik dan vokal dari Edo Dias—vokalis dari grup Godplant, serta Kezia Alaia selaku pembaca puisinya.

Kembali membahas puisi yang dilantunkan oleh Kezia—yang juga seakan memiliki daya tariknya sendiri, terasa sekali bahwa tulisan ini merupakan ungkapan kegeraman terhadap teror bom yang terjadi di Surabaya.

“(Puisi ini tentang) Bagaimana manusia tanpa daya pikir kritis telah membiarkan dirinya menjadi ‘ngengat’ yang percaya bahwa kebahagiaan sejati dapat ditemukan di dalam “api”.

Kiasan untuk menggambarkan berbagai pemikiran, tindakan dan peristiwa yang melanggengkan dan melancarkan teror, seperti halnya serangga ngengat yang terpikat pada cahaya.

Padahal sering kali cahaya tersebut adalah api yang dapat membakar habis diri sang ngengat dan mematikannya secara literal maupun figuratif,” dilansir dari siaran pers single ini.

Kaset “Ngengat” ini kembali dirilis dalam kuantitas terbatas, hanya 40 keping dengan sampul baru yang didesain oleh Almer Rashad.

Saat ini, Morgensoll tengah memproses lagu baru “Sense Of Belonging”. Single ini yang akan divisualisasikan dalam format video klip sebagai perkenalan album yang akan dirilis tahun depan.

Mengingat kuantitas yang terbatas, cepat amankan rilisan ulang ini. Dengarkan kembali “Ngengat” di bawah ini:

1 COMMENTS
  • Christianseanl

    Like

Info Terkait

superbuzz
52 views

5 Band Pop Keren Asal Jogja

superbuzz
35 views
superbuzz
47 views
superbuzz
35 views
superbuzz
50 views
superbuzz
126 views