Music Documentaries You Should Watch In 2015

  • By: Lana Syahbani
  • Selasa, 18 August 2015
  • 1302 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Tahun 2015 menjadi momentum dirilisnya berbagai film dokumenter musik menarik dan sayang untuk dilewatkan. Lima film dokumenter ini adalah pilihan dari sekian banyaknya film dokumenter musik rilisan 2015 yang wajib Superfriends simak dan dalami.

Montage of Heck

Film yang memakan delapan tahun proses penggarapan ini wajib jadi tontonan Superfriends, apalagi penggemar kelas berat frontman Nirvana, Kurt Cobain. Disutradarai oleh Brett Morgen, film ini mengangkat kehidupan sehari-hari Kurt dilengkapi dengan wawancara bersama sahabat dekat dan keluarganya. Montage of Heck telah dirilis 24 Januari di Sundance Film Festival.

Salad Days

Perjalanan hardcore punk di Washington DC didokumentasikan secara apik dalam Salad Days. Band seperti Minor Threat, Rites of Spring, Fugazi, Bad Brains dan Dag Nasty menjadi titik utama dalam perkembangan hardcore 1980-an yang disorot dalam film ini.

No Manifesto: A Film About Manic Street Preachers

Sejak sepuluh tahun yang lalu, penggemar Manic Street Preachers Elizabeth Marcus menggarap film dokumenter ini. Sebagai penghormatan proses kreatif Manic, Elizabeth menggabungkan perjalanan karir dan interview dengan lebih dari 100 penggemar mereka.

Landfill Harmonic

Di wilayah kumuh dengan penduduk masyarakat kelas menengah ke bawah seperti Cateura, Paraguay, harga sebuah biola lebih mahal dari harga sebuah rumah. Landfill Harmonic mendokumentasikan bagaimana masyarakat Cateura menyulap sampah menjadi alat musik dan membentuk kelompok orkestra. Suatu film yang bakal menggugah Superfriends akan isu vital kemiskinan dan sampah, serta kekuatan dari musik itu sendiri.

The Smart Studios Story

Dokumenter singkat The Smart Studios Story merangkum perjalanan perusahaan rekaman Smart Studios yang memiliki pengaruh pada sejarah musik rock Amerika. Di studio yang berdiri sejak 1983 ini, Nirvana merekam track “Polly” dalam album Nevermind. Album debut The Smashing Pumpkin, Gish, pun direkam di studio ini. Mereka turut mempromosikan band lewat radio komunitas dan kompilasi kaset yang didistribusikan ke berbagai negara bagian.

Foto: rollingstone.com

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
16 views
superbuzz
16 views
superbuzz
16 views
superbuzz
16 views
superbuzz
16 views