Musisi Ini Bikin Gitar Unik dengan Tulang Mendiang Pamannya

Musisi Ini Bikin Gitar Unik dengan Tulang Mendiang Pamannya

  • By:
  • Sabtu, 6 March 2021
  • 810 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Ide-ide kreativitas terkadang bisa menghasilkan sesuatu yang tidak pernah disangka sebelumnya, termasuk juga hadirnya gitar unik. Baru-baru ini seorang pria dari Florida Amerika Serikat bikin ramai dunia maya gara-gara gitar unik yang ia ciptakan.

Sosok ini kemudian dikenal sebagai Prince Midnight yang telah membuat sebuah gitar dari tulang atau kerangka pamannya yang sudah meninggal. Hebatnya, gitar unik tersebut bisa berfungsi dengan baik ketika Prince mendemonstrasikannya.

Menurut laporan beberapa media luar negeri macam Huffpost hingga New York Times, Prince Midnight membuat gitar unik ini menggunakan sisa-sisa dari neck Fender Telecaster dan tulang rusuk mendiang pamannya yang bernama Filip.

Prince Midnight bukan tanpa alasan membuat gitar unik ini. Menurutnya, pamannya itu merupakan seorang Metalhead sejati hingga akhir hayantnya dan memperkenalkannya kepada genre musik keras pada tahun 1990-an.

Dari keterangan yang dikabarkan NME, Filip meninggal dalam sebuah kecelakan mobil 20 tahun lalu di Yunani. Namun, di Yunani karena agama Ortodoks tidak menyetujui kremasi pada mayat, Filip sebelumnya sudah berpesan agar kerangkanya disumbangkan ke perguruan tinggi setempat untuk tujuan pendidikan.

Baca juga: ICONIC GUITARS: 10 Gitar Paling Keren dalam Sejarah Rock

Baca juga: GUITAR STYLE: 7 Gerakan Ikonik Pra Gitaris Dunia

Setelah perguruan tinggi tidak lagi membutuhkan kerangka itu dan keluarganya menolak dia dikremasi, Midnight mengisi dokumen ekstensif agar tulang Filip dikirim ke rumahnya di Amerika Serikat daripada membayar ruang pemakaman.

Dia kemudian memasang neck gitar, pickup, kenop volume, jack, senar, dan elektronik ke tulang tubuh Filip untuk membuat gitar unik yang berfungsi penuh.

Berbicara kepada MetalSucks tentang kreasi gitar unik miliknya, Midnight berkata: "Saya mendapat sekotak tulang dari Yunani dan awalnya tidak tahu harus berbuat apa. Menguburnya? Kremasi mereka? Taruh di loteng? Semua tampak seperti cara yang buruk untuk mengenang seseorang yang membawa saya mengenal musik heavy metal," ujar Prince Midnight si pembuat gitar unik ini.

“Jadi, saya memutuskan untuk mengubah tulang Paman Filip menjadi gitar unik, yang terbukti menantang. Saya melakukan banyak penelitian dan tidak ada yang pernah membuat gitar unik dari kerangka. Jadi, saya melakukannya. Saya mulai berkonsultasi dengan dua orang di toko kayu Dean Guitars di Tampa, tetapi mereka menjadi dingin dan tidak menanggapi,”ujarnya.

“Bagaimanapun, sekarang Paman Filip bisa menikmati musik-musik keras. Itulah yang dia inginkan. Saya sangat bangga dengan proyek (gitar unik) ini dan bagaimana gitar unik itu berfungsi untuk menghormatinya, hidupnya, dan pengaruhnya terhadap saya,” pungkas Prince Midnight.

Lebih jauh Prince mengisahkan perjalanannya dalam membuat gitar unik dari tulang pamannya ini kepada sebuah program dari CBC, As It Happens, bahwa dirinya sempat bersitegang dengan ibunya terkait pembuatan gitar unik tersebut.

"Dia (ibu saya) tidak ingin membayar untuk itu (biaya untuk tulang pamannya) lagi. Dan kemudian saya seperti, 'Saya akan mengurusnya'. Jadi saya memeriksa semua birokrasi, yang merupakan masalah besar. Anda harus menghubungi rumah duka. Departemen Luar Negeri terlibat," jelas Prince.

"Ketika ini (membuat gitar unik) pertama kali terjadi, dia benar-benar kesal. Dia berkata, 'Itu tidak sopan. Dia perlu berbaring, Anda tahu, dan dia harus beristirahat,'" katanya.

"Dan saat dia pergi, aku seperti, 'Menurutmu Paman Fil lebih suka menjadi gitar, atau sekotak tulang?' Dia mengangkat tangannya. Dia berkata, 'Mungkin gitarnya'," terang Prince lagi soal gitar unik miliknya.

"Tidak ada yang pernah membuat gitar dari kerangka, yang membuat saya terkejut. Jadi ada sedikit proses pembelajaran untuk membuatnya (gitar unik). Awalnya, saya sedang mengebor ruas tulang belakang, tulangnya, dan satu tulang retak dan patah. Jadi saya seperti, yah, saya harus mempelajari ulang bagaimana saya akan melakukan ini (membuat gitar unik dari tulang)," jelasnya.

Gitar unik milik Prince ini tidak kalah unik dari gitar unik yang pernah dibuat oleh bassist dan vokalis band rock asal Denmark D-A-D, Stig Pedersen, yang menjadi viral pada 2018 usai membuat bass seperti sebuah iPhone raksasa.

Selain mereka berdua, sebelumnya ada beberapa sosok yang tercatat pernah memiliki gitar unik seperti gitaris KISS, Ace Frehley, di mana pernah memiliki gitar yang bisa mengeluarkan smoke stage atau asap. Ada pula eks-gitaris Dokken, George Lynch, yang pernah memiliki gitar dengan body corak tengkorak.

0 COMMENTS