Musisi Legendaris Yockie Suryo Prayogo Tutup Usia

  • By: GP
  • Senin, 5 February 2018
  • 2243 Views
  • 5 Likes
  • 575 Shares

Dunia musik tanah air kembali ditinggal talentanya. Musisi legendaris Yockie Suryo Prayogo telah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa, Senin (5/2) pagi. Kibordis/pencipta lagu tersebut meninggal dunia di usia 63 tahun.

Mengutip CNN Indonesia, Yockie sudah lama dirawat karena sakit. Bahkan Yockie sempat kritis karena ada pendarahan di otak. Kondisinya pun terus menurut. Beberapa waktu lalu, digelar konser 'Pagelaran Sang Bahaduri', sebuah konser spesial penggalangan dana untuk membantu pengobatan Yockie. Acara yang digagas oleh kawan-kawan dekat Yockie itu juga dimeriahkan oleh banyak musisi lintas genre dan lintas zaman.

Pada Oktober 2017, Yockie sempat menggelar konser ‘Yockie Suryo Prayogo In Rock: Menjilat Matahari’, yang menampilkan pula Setiawan Djody, Nicky Astria, Andy /rif, Budi Cilok, dan Ariyo Wahab.

“Telah berpulang sahabat kami, salah satu musisi terbaik Indonesia, Yockie Suryo Prayogo pagi ini, 5 Februari 2017 pukul 07.35 WIB di RSPI Bintaro.. God Bless mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada keluarga yang ditinggalkan.. Semoga jalan almarhum dilancarkan menuju tempat yang terbaik di sisi Allah SWT.. Amin,” tulis God Bless, band yang pernah dihuni Yockie, lewat akun Instagram.

Yockie Suryo Prayogo, adalah seorang kibordis, penulis lagu, penggubah, dan maestro. Nuansa rock, pop, hingga klasik dapat ditemukan di musiknya. Kiprahnya dari dekade 70-an sejak bergabung dengan God Bless. Sempat hengkang dari God Bless, Yockie lalu berpetualang di ranah musik pop, menjadi penggubah album Lomba Cipta Lagu Remaja. Ia lantas terlibat dalam penggarapan album soundtrack film legendaris Badai Pasti Berlalu. Album tersebut lantas fenomenal dan kini dianggap sebagai salah satu album terbaik dalam sejarah musik Indonesia.

Yockie juga kerap berkolaborasi dengan Chrisye. Komposisi ciptaannya yang mewah berpadu dengan vokal Chrisye yang syahdu.

Pada dekade 90-an, Yockie juga tergabung dalam supergroup Kantata Takwa bersama Iwan Fals, Setiawan Djodi, WS Rendra, Sawung Jabo dll. Menjelang tutup usia, Yockie tetap teguh di jalur musik.         

"Mengolah musik bukan hanya mengolah nada saja, tetapi juga bisa mengolah persoalan hidup," ujar Yockie kepada Tempo di tahun 2012.

Selamat jalan, Yockie Suryo Prayogo...      

*Foto Yockie: Liputan6.com

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    karya-karyamu akan tetap abadi pak dhe

Info Terkait

superbuzz
4165 views
superbuzz
4901 views
supershow
7021 views
superbuzz
6609 views
superbuzz
6648 views