Musisi Metal Swedia Bikin Anthem untuk Timnas Swedia di Piala Eropa 2020

Musisi Metal Swedia Bikin Anthem untuk Timnas Swedia di Piala Eropa 2020

  • By:
  • Jumat, 14 May 2021
  • 71 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Para musisi metal Swedia memberikan kejutan yang tak bisa buat Tim Nasional (Timnas) sepak bola Swedia. Bukan, kejutan tersebut bukan berupa hadiah mewah untuk para pemain atau staf kepelatihan untuk tim dengan julukan Blågult (Biru-Kuning) itu.

Musisi metal Swedia justru membuatkan sebuah lagu untuk Timnas Swedia. Lagu tersebut berjudul "Nu Jävlar!" (Now F*cking), yang merupakan bahasa tidak senonoh dari Swedia. Lagu ini diciptakan oleh kumpulan para musisi metal Swedia.

Di antara musisi metal Swedia itu merupakan anggota dari band seperti Soilwork, King Diamond, Candlemass, Europe, Liv Sin, At the Movies, dan banyak lagi. Kerja sama ciamik dan tak biasa ini juga melahirkan sebuah video musik yang mengiringi lagu tersebut.

Pembuatan anthem "baru" untuk Timnas Swedia ini bukan tanpa alasan. Lagu ini lahir diinisiasi oleh majalah musik Swedia, Sweden Rock Magazine, yang genap berusia 20 tahun pada musim panas 2021. Kebetulan, ulang tahun mereka berbarengan dengan diselenggarakannya Piala Eropa 2020.

Piala Eropa 2020 sendiri harusnya berlangsung tahun lalu, namun pandemi COVID-19 memaksa kompetisi sepak bola antar negara Eropa tersebut ditunda. UEFA lantas memundurkan hajatan ini menjadi 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Untuk merayakan gelaran Piala Eropa 2020, Sweden Rock Magazine mempersembahkan lagu tidak resmi untuk kejuaraan ini. Lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Swedia ini diproduseri oleh Björn Strid (vokalis Soilwork, The Night Flight Orchestra), Mike Wead (King Diamond), dan Simon Johansson (Wolf).

Meski terkesan hanya "senang-senang", dalam pembuatan lagu ini juga dilibatkan mantan pemain Timnas Swedia, Jörgen Ola Pettersson. Sosok yang punya catatan 27 kali penampilan dengan Timnas Swedia itu disebut merupakan pecinta musik cadas.

(embed YouTube https://www.youtube.com/watch?v=N945pMjKNrY )

"Musim panas ini, Sweden Rock Magazine berusia 20 tahun. Musim panas ini juga saatnya Kejuaraan Sepak Bola Eropa untuk pria. Untuk merayakan satu-satunya majalah hard rock Swedia dengan mempersembahkan lagu Kejuaraan Eropa tidak resmi "Nu jävlar!". Di masa-masa suram ini, sangat membebaskan bisa meneriakkan “Nu jävlar!”, Kata pemimpin redaksi Majalah Sweden Rock, Martin Carlsson.

"Kami telah mengumpulkan sekelompok musisi metal fantastis dari Eropa, Soilwork, King Diamond, Candlemass, Liv Sin, Pretty Maids, Wolf dan Doomsday. Sweden Rock Magazine telah mengumpulkan bagian dari elit hard rock Swedia dan mantan striker tim nasional dan hard rocker Jörgen "Schweden-Bomber" Pettersson untuk lagu Piala Eropa 2020 tidak resmi "Nu jävlar!," lanjutnya.

Sang penulis lagu, Björn Strid, mengaku sebagai seorang yang menyukai sepak bola. Oleh karena itu kesempatan untuk membuat lagu bertemakan sepak bola sangat dinikmati oleh musisi metal Swedia satu ini.

Kemudian Ian Haugland, drummer dari band Europe bertugas membuat suara bising di dengan drumnya untuk lagu “Nu jävlar!. "Saya berhenti bermain sepak bola pada1971 dan di tempat yang sama saya menemukan Deep Purple dan Black Sabbath. “Nu jävlar!” adalah balas dendam saya pada orang-orang yang menempatkan saya di gawang karena saya gemuk," kata Ian Haugland sembari tertawa.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Soilwork (@soilwork)

Liv Sin, sebagai sosok wanita yang berpartisipasi di kumpulan musisi metal Swedia dalam lagu “Nu jävlar!" menyambut hangat hadirnya lagu bertemakan sepak bola ini. "Akhirnya lagu sepak bola dengan fitur yang juga dinyanyikan dalam berbagai dialek Swedia. Bisa berbagi rekaman dengan semua musisi metal hebat ini adalah hal hebat. Mari kita kalahkan mereka (lawan-lawan Timnas Swedia)," kata Liv Sin.

“Nu jävlar!" pertama kali dirilis di semua layanan pemutar musik streaming pada 14 April lalu, tepat dua bulan sebelum kick-off antara Timnas Swedia melawan Timnas Spanyol di Piala Eropa 2020.

"Nu Jävlar!" Performers:

Björn Strid (Soilwork, Night Flight Orchestra)

Jörgen ”Schweden-Bomber” Pettersson

Ian Haugland (Europe)

Liv Jagrell (Liv Sin)

Jörgen Sandström (Domedagen, ex-Entombed)

Mike Wead (King Diamond)

Lars Johansson (Candlemass)

Simon Johansson (Wolf)

Niklas Stålvind (Wolf)

Chris Laney (Pretty Maids)

Martin Carlsson (Sweden Rock Magazine).

Image source: Instagram/Soilwork

0 COMMENTS