pablo cikaso

‘Nada Di Utara’, Album Mini Terbaru dari Pablo Cikaso

  • By: NND
  • Jumat, 19 June 2020
  • 616 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Produser lo-fi kenamaan asal Bandung, Pablo Cikaso, hadir dengan materi terbarunya. Bukan rilisan cover seperti sebagaimana ia dikenal, kali ini musisi bernama asli Raka Surya itu melepas sebuah mini-album berjudul Nada Di Utara yang berisikan lagu-lagu orisinal ciptaannya.

Repertoar mini-album ini diisi oleh empat lagu instrumental yang berdurasi cukup panjang, menjanjikan para pendengarnya sebuah pengalaman mendengarkan lagu yang digiring fokus kepada nuansa dan suasana.

Tentunya, menilik keempat lagu orisinal ini terasa Pablo Cikaso membawakannya dengan estetika, ciri khas, dan karakteristik yang sudah matang melekat pada musik-musiknya. Irama bertekstur lo-fi, tatanan disco ala retro, terpaan synth yang jadi aktor utama, hingga drum loop nostalgik dan apapun itu diantaranya; berbeda dengan rilisan cover, mungkin Nada Di Utara jadi wadah yang mampu menampilkan musik Pablo Cikaso secara asli dan tanpa kompromi.

“Sebenarnya, mini album ini adalah materi lama yang sudah ditulis namun belum sempat dipublikasikan secara luas. (‘Nada di Utara’) hanya berisikan musik interumental, walaupun tanca cerita, saya menyisipkan gambaran tentang suasana melalui nada-nada,” papar Pablo Cikaso terkait mini albumnya, dilansir dari siaran pers yang diterima.

Nada Di Utara sudah resmi dirilis dan bisa kalian dengarkan di YouTube ataupun di platform streaming musik pada umumnya melalui Ivy League Music. Selaku roster dari label tersebut, iapun sempat terlibat dalam project remix lagu karya Mondo Gascaro, yang turun tangan dan mengaransemen ulang salah satu lagu dari album Rajakelana milik sang solois, bertajuk “Dan Bila”.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

NEW RELEASE ???? - Nada Di Utara EP Sudah tersedia di Spotify, Apple Music, Deezer dan Kanal YouTube

A post shared by Gan Pablo (@_raksur) on

Pablo Cikaso sendiri merupakan sebuah proyek musik besutan Raka Surya di tahun 2016 lalu. Nama Pablo Cikaso terinspirasi dari seniman kubisme terkenal, Pablo Picasso, serta tempat tinggalnya di tahun tersebut, yang terletak di daerah Cikaso, Bandung.

Sebelum didapuk masuk kedalam roster Ivy League Music, Ia dikenal melalui akun YouTube-nya yang kerap melepas cover lagu dari banyak musisi seperti Rich Brian, The Adams, WSATCC, ataupun lagu-lagu theme song ikonik macam Crayon Sinchan, Tuyul dan Mba Yul, dan banyak lainnya.

Ikuti update terkait Pablo Cikaso, Ivy League Music, dan lain sebagainya, hanya di SUPERMUSIC!

0 COMMENTS