Nama Personel Rush Diabadikan pada Spesies Baru Mikroba

  • By: NTP
  • Jumat, 8 December 2017
  • 1605 Views
  • 2 Likes
  • 3 Shares

Menamai temuan spesies baru dari nama seorang musisi atau band tampaknya menjadi tren tersendiri di kalangan ilmuwan. Baru-baru ini, tiga spesies mikroba baru masing-masing dinamai berdasarkan personel trio progressive rock legendaris asal Kanada, Rush

Dilansir dari Nature, penamaan ini dilakukan karena ketiga mikroba ini berambut panjang dan “bergoyang mengikuti irama”.

[bacajuga]

Ahli mikrobiologis asal University of British Columbia, Kanada, Patrick Keeling membantu menemukan trio spesies mikroba ini di dalam isi perut rayap yang belum teridentifikasi. Keeling terkejut dengan jumlah dan panjang flagella mereka. Flagella adalah jaringan yang membantu sel bergerak. Trio mikroba ini memiliki lebih dari 10.000 flagella, yang tergolong banyak dibandingkan spesies serumpun mereka.

“Seorang peneliti posdoktoral asal Spanyol, Javier del Campo meminta rekomendasi beberapa musik bagus asal Kanada, dan saya menyarankan Rush padanya.”

“Ia kembali pada saya dan menyatakan bahwa mikroba yang mereka temukan memiliki rambut panjang seperti (Rush) di album 2112!” ujar Keeling dalam wawancara dengan situs resmi University of British Columbia.

Tim Del Campo menamai tiga anggota spesies baru Pseudotrichonympha sebagai P. leei, P. lifesoni, dan P. pearti. Ketiganya diambil dari nama trio personel Rush: Geddy Lee (bass, vokal), Alex Lifeson (gitar), dan Neil Peart (drum). Bagaikan rumitnya set drum Peart, P. pearti digambarkan memiliki “struktur intraselular aneh yang berputar dan belum diketahui fungsinya.”

“Kami seringkali melihat banyak sel berbentuk aneh di laboratorium, tapi tidak ada berbentuk seperti ini,” imbuh Keeling.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
1207 views
superbuzz
1465 views
superbuzz
1443 views
superbuzz
3472 views
superbuzz
4578 views

5 Power Trio di Kancah Rock