Navicula

Navicula Bikin Tribute untuk Para Musisi Alternative Rock Tanah Air 90-an

  • By: YAS
  • Selasa, 7 July 2020
  • 607 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Green grunge gentlemen asal Bali, Navicula memanfaatkan betul waktu yang mereka miliki untuk berada di studio selama masa pandemi ini. Navicula merilis sebuah album tribute yang mereka dedikasikan kepada para idola mereka dari ranah musik dalam negeri di A Tribute to Local Inspiration. Selain rekaman, Navicula juga mempersembahkan konser daring pada 11 Juli 2020.  

Band-band seperti Koil, Kubik, Cherry Bombshell, Pas Band, Nugie, Plastik, Superman is Dead, LFM, dan lainnya, diakui telah memberi pengaruh yang kuat kepada Navicula saat mereka berdiri di dekade 90an lalu. Deretan band tersebut juga menjadi tonggak kemunculan istilah independen.

"Saya tertarik dengan istilah Indie atau independent, karena Pas Band yang mempopulerkannya saat itu. Saya merasakan dan melewati melankolia ABG saat itu dengan lirik lagu Matel dari Kubik. Nongkrong dengan sahabat-sahabat sambil membawakan lagu Plastik. Terpesona dengan “attitude” dan lirik kelam dari Koil.

Dan, band saya Navicula, sama- sama meniti karier dari nol dan ikut serta sejak awal mendirikan dan membesarkan skena musik indie di kampung halaman kita, Bali, bersama rekan seperjuangan kita, Superman is Dead. Sejak itu, saya yang masih duduk di bangku kelas 2 SMA (atau kelas 11 sekarang), dan memiliki mimpi-mimpi indah untuk bisa tetap ngeband hingga tua," ungkap Robi mewakili Navicula.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SOON! 11 Juli 2020!Navicula Online Concert- A Tribute to Local Inspiration : Soundtrack hidup dari era 90-an, yang mengenalkan kembali apa itu indie, attitude adalah segalanya, dan ada banyak musik bagus tapi mereka adalah musik keren. Selama pandemi, kita terpaksa “dirumahkan”. Ada banyak waktu bersih-bersih studio. Saat kami membongkar koleksi kaset, kami mengenang ada banyak sekali band/musisi yang telah mempengaruhi musik Navicula sejak awal berdiri Navicula di tahun 1996. Band-band ini, Koil, Kubik, Cherry Bombshell, Pas Band, Nugie, Plastik, Superman is Dead, LFM, dan banyak lagi band-band Indonesia yang telah memberi kuat sekali pengaruh ke industri musik tanah air. Kami tertarik dengan istilah Indie, atau independent, karena Pas Band yang mempopulerkannya saat itu. Kami merasakan dan melewati melankolia ABG saat itu dengan lirik lagu Matel dari Kubik. Nongkrong dengan sahabat-sahabat sambil membawakan lagu Plastik. Terpesona dengan “attitude” dan lirik kelam dari Koil. Dan, Navicula, sama- sama meniti karir dari nol dan ikut serta sejak awal mendirikan dan membesarkan skena musik indie di kampung halaman kita, Bali, bersama rekan seperjuangan kita, Superman is Dead. Band-band yang kami dengar sejak SMA inilah yang menemani mimpi-mimpi kami untuk tetap nge-band sampai tua. Musik adalah soundtrack hidup. Masa remaja adalah masa terbaik kita menyerap pengaruh dari lingkungan; apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan. Lagu-lagu yang kamu dengar saat remaja bisa jadi adalah playlist di hatimu selamanya. Tanpa band-band ini, Navicula bukanlah Navicula yang kita dengar sekarang. Sekarang, di waktu ini, di studio rumah, kami menyiapkan altar, menyalakan lilin, dan membuat sebuah perayaan bagi INSPIRASI.

A post shared by NAVICULA (@naviculamusic) on

Rencananya, sebagian keuntungan dari penjualan album ini akan didonasikan ke rumah produksi bahan baku hand sanitizer yang akan disalurkan ke seluruh fasilitas pelayanan medis dan masyarakat yang membutuhkan.

Navicula yang sudah terbentuk sejak tahun 1996 di Bali, kini telah menelurkan sembilan studio album. Selain rajin menggelar tur ke luar negeri, dari Eropa hingga Amerika Serikat, berbagai penghargaan juga telah di dapat oleh band yang membawa isu kerusakan alam di banyak lagunya ini.

0 COMMENTS