Nick Valensi ‘The Strokes’ Epiphone Riviera Hilang Dalam Pengiriman

  • By: LS
  • Rabu, 6 January 2016
  • 2360 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setelah Jim Root dan Steve Vai, kabar kehilangan gitar datang dari gitaris The Strokes Nick Valensi. Berbeda dengan kedua gitaris sebelumnya yang kehilangan gitar di venue, gitar Valensi hilang saat dalam pengiriman dari New York ke Los Angeles. Kabar ini datang langsung dari akun media sosial The Strokes. Mereka meminta bantuan fans untuk menemukan gitar tersebut, bahkan mereka menawarkan imbalan $1000 untuk mereka yang menemukan gitar ini!

Gitar tersebut merupakan Epiphone Riviera keluaran 1995 tanpa pick guard yang telah dimodifikasi dengan pick up P-94. Yeah, ini merupakan gitar utama yang paling sering digunakan Valensi ketika di atas panggung. Bagian head dari gitar ini dilengkapi dengan logo ‘E’ Epiphone dan memiliki nomor seri R95E5702.

 

Kecintaan Valensi pada Epiphone Riviera berawal dari sebuah ketidaksengajaan. Dalam sebuah wawancara dengan Epiphone, Valensi mengungkapkan Riviera pertamanya merupakan pinjaman dari gitaris The Strokes Albert Hammond Jr. “Ia pergi ke seorang pria di New York yang menjual seluruh gitar dari apartemennya dan menemukan strat tahun 1980-an dan Riviera. Ia sangat menyukai keduanya sampai membeli dua-duanya,” cetus Valensi.

[bacajuga]

Beberapa hari setelah itu, mereka manggung dan Valensi masih memainkan stratocaster yang tidak begitu ia sukai. Albert Hammond Jr. yang mengetahui hal tersebut lantas meminjamkan Epiphone Riviera miliknya. “Saya menggunakannya pada gig itu dan tidak pernah berhenti semenjak itu. Itu adalah gitar yang saya pakai di setiap lagu yang direkam dan live show hingga hari ini,” cerita Valensi.

Valensi yang biasa bermain midrange mengganti pick up humbucker bawaan dari gitar tersebut (yang sebenarnya pick up single coil dengan bagian pole di posisi tengah) dengan P94. Hal yang dianggap Epiphone sebagai sesuatu yang genius ini membuat mereka memutuskan merilis gitar ini sebagai gitar signature. Yeah, Nick Valensi Riviera P94.

Semoga gitar kesayangan Valensi ini segera ditemukan. 

Foto: Stereogum / Zimbio / Express

0 COMMENTS