Nine Inch Nails Siap Manggung di Tahun 2021

Nine Inch Nails Siap Manggung di Tahun 2021

  • By:
  • Minggu, 13 June 2021
  • 84 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Setahun sudah melewati masa pandemi, beberapa negara di dunia sudah mulai kembali beranjak pulih untuk menggelar festival musik secara live dan offline. Salah satunya di Amerika Serikat. Di tahun 2021 ini Riot Fest tidak tanggung-tanggung akan menampilkan Nine Inch Nails sebagai salah satu nama besar yang akan memeriahkan gelaran festival musik offline di tahun 2021. Riot Fest merupakan salah satu festival musik berskala besar yang akan Nine Inch Nails sambangi di tahun ini. Band besutan Trent Reznor ini juga sempat mengumumkan beberapa nama tempat lainnya. Namun, Nine Inch Nails menganggap bahwa kesempatan untuk main di Riot Fest 2021 merupakan salah satu kesempatan comeback yang tidak boleh terlewatkan.

Salah satu panggung terbesar Nine Inch Nails di Amerika Serikat ini rencananya akan digelar di Douglas Park, Chicago pada September mendatang. Namun pihak Riot Fest sebagai penyelenggara festival musik di tahun 2021 ini sudah menjual tiket resminya secara online. Untuk Riot Fest 2021, Nine Inch Nails nantinya akan berbagi panggung bersama nama-nama musisi papan atas lainnya, seperti The Smashing Pumpkins, Run The Jewels, Taking Back Sunday, GWAR, Dirty Heads, Sublime with Rome, Vic Mensa, NOFX, Circle Jerks, Dinosaur Jr., dan masih banyak lainnya. Salah satu festival musik yang dibintangi oleh Nine Inch Nails ini merupakan rangkaian lanjutan dari gelaran Riot Fest 2020 yang tertunda. Rencananya, Riot Fest sebagai pihak penyelenggara akan membagi daftar penampil yang seharusnya naik panggung di tahun 2020 ke dalam 2 bagian. Pertama untuk Riot Fest tahun 2021 dengan Nine Inch Nails sebagai salah satu nama besarnya dan di tahun 2022 akan dimeriahkan oleh kehadiran My Chemical Romance. 

Selain tampil di Riot Fest 2021, Nine Inch Nails juga sempat mengumumkan jadwal penampilan lainnya di bulan September mendatang. Kabar tersebut pertama kali disiarkan oleh Nine Inch Nails melalui akun Twitter resmi mereka. Seusai menyelesaikan tugasnya dalam memeriahkan Riot Fest 2021, Nine Inch Nails akan langsung bertolak ke Cleveland untuk mengisi jadwal pada 21 dan 23 September mendatang. Untuk konser lanjutan Nine Inch Nails, kelompok musik buatan Trent Reznor tersebut akan didukung oleh kehadiran Pixies. Nine Inch Nails juga mengungkapkan bahwa pada penghujung September nanti merupakan kunjungan pertama kali band eksperimental tersebut ke Cleveland semenjak mereka mendapatkan penghargaan untuk Rock and Roll Hall of Fame di tahun 2020 lalu. Terbitnya jadwal manggung terbaru dari Nine Inch Nails juga membuat Trent Reznor optimis untuk mengumumkan bahwa band miliknya tersebut akan kembali tampil di atas panggung-panggung lainnya secara perlahan. 

Tahun ini pendiri Nine Inch Nails, Trent Reznor juga berhasil mendapatkan penghargaan dalam ajang film paling bergengsi, yaitu Academy Awards. Motor di balik Nine Inch Nails tersebut mendapatkan penghargaan untuk Best Original Score dari salah satu proyek musiknya bersama Pixar dalam film Soul. Dalam mengerjakan proyek musik film tersebut, Trent Reznor juga dibantu rekan satu bandnya di Nine Inch Nails, Atticus Ross dan seorang musisi multi talenta, Jon Batiste. Seusai mengumumkan soal kemenangannya di Academy Awards, Trent Reznor juga mengumumkan bahwa di masa depan, Nine Inch Nails masih akan terus membuat musik baru sesegera mungkin. Hal tersebut pun akhirnya dibuktikan oleh Nine Inch Nails meskipun tidak menggarap musik orisinil.

Pada bulan April lalu, Nine Inch Nails diketahui menjadi salah satu kolaborator untuk proyek musik dari album terbaru Health. Kolaborasi antara Nine Inch Nails dan Health tersebut hadir dalam sebuah single berjudul. Isn’t Everyone. Single terbaru hasil kolaborasi antara Health dan Nine Inch Nails ini merupakan karya orisinal pertama yang dirilis oleh Health tahun ini, semenjak tahun lalu merilis album kelima yang berjudul Disco4:Part 1. Kolaborasi antara Nine Inch Nails dan Health ini merupakan kolaborasi yang cukup spesial. Pasalnya, Kolaborasi antara Health dan Nine Inch Nails ini merupakan kolaborasi yang pertama dilakukan dalam sejarah kedua unit tersebut. Health pada saat mengungkapkan kabar ini cukup berbahagia karena Nine Inch Nails mau membantunya dalam menghadirkan karya kolaborasi terbaru di tahun 2021. Trent Reznor selaku motor di balik Nine Inch Nails berperan sebagai produser dan teknisi mixing untuk track berjudul Isn’t Everyone ini.

Jake Duzsik selaku frontman bagi Health pun secara personal mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap kesediaan Trent Reznor dan Nine Inch Nails untuk ikut bagian sebagai kolaborator untuk proyek musik terbaru dari band experimental rock ini. Jake Duzsik dalam perilisan single-nya bersama Nine Inch Nails menyatakan karena terlalu sering bekerja dan membuat lagu secara mandiri, dirinya lupa betapa begitu menarik dan magisnya untuk menulis musik bersama orang lain.

Diketahui bahwa Health dan Nine Inch Nails ini sudah memiliki hubungan dekat yang terbilang cukup lama. Health sebelumnya sempat mengungkapkan bahwa hubungan mereka dengan Nine Inch Nails sebetulnya sudah terjalin sejak band experimental rock tersebut dibentuk pertama kali. Namun, kolaborasi antara kedua kelompok musik ini baru bisa terjalin di tahun 2021. Health mengakui bahwa Nine Inch Nails adalah sosok yang cukup berjasa menjadi inspirasi dari lahirnya Health sendiri. Terutama untuk karya-karya awal dari Health di tahun 2005. Health juga sempat mengungkapkan kepada salah seorang jurnalis dan sineas, David Farrier, bahwa lagu Isn’t Everyone ini sebetulnya sudah lebih dulu lahir idenya sebelum album kelima mereka mulai dikerjakan di tahun lalu. Namun, Health mengakui bahwa mereka menginginkan untuk melakukan hal yang berbeda. Maka lagu Isn’t Everyone diproduksi secara terpisah dengan album kelima mereka. 

 

Image courtesy of Festileaks

0 COMMENTS