Nirvana Tuntut Marc Jacobs Soal Logo

Nirvana Tuntut Marc Jacobs Soal Logo

  • By: NTP
  • Senin, 7 January 2019
  • 939 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Perwakilan manajemen Nirvana baru-baru ini melayangkan tuntutan pelanggaran hak cipta pada merek busana Marc Jacobs. Lini koleksi terbaru mereka, Redux Grunge memuat beberapa visual yang menyerupai ikon kuning-hitam khas Nirvana.

Manajemen Nirvana menyebut Marc Jacobs menggunakan “image Nirvana yang sudah dipatenkan untuk dan dalam promosi produknya” tanpa izin. Tuntutan tersebut menyebut ikon Nirvana sejak tahun 1992 tersebut digunakan untuk membuat “asosiasi koleksi tersebut dengan ‘grunge’ terasa lebih otentik.”

Perwakilan Nirvana menyatakan bahwa Dave Grohl dan Krist Novoselic tidak berkomentar lebih lanjut.

Dalam tuntutannya, perwakilan Nirvana juga menyebut materi pemasaran Marc Jacobs seperti meme di akun Tumblr mereka menggunakan potongan video klip single “Smells Like Teen Spirit”. Materi promosi lain dalam tuntutan tersebut adalah t-shirt Jacobs yang bertuliskan “Come As You Are”, single kedua album Nevermind (1991).

Tuntutan perwakilan Nirvana menyebut perilaku Marc Jacobs “menindas, curang dan jahat” dan “telah menyebabkan kerugian yang tak terkira bagi Nirvana” sekaligus “berpotensi mengurangi hak dagang Nirvana untuk produk pakaian.”

Department store Saks Fifth Avenue dan Neiman Marcus juga termasuk dalam tuntutan tersebut karena telah menjual lini koleksi yang diduga telah melanggar hak cipta Nirvana. Tak hanya meminta ganti rugi uang, mereka juga meminta koleksi tersebut berhenti dijual dan berhenti menggunakan ikon atau referensi atas Nirvana dalam materi promosi.

0 COMMENTS

Info Terkait