NTS Radio

NTS, Jagoan Radio Online 'Bawah Tanah'!

  • By: NND
  • Senin, 13 January 2020
  • 687 Views
  • 7 Likes
  • 7 Shares

NTS adalah sebuah radio daring yang berbasis di Hackney, London, Inggris. Didirikan di 2011 oleh Femi Adeyemi, stasiun tersebut mewadahi sejumlah produser yang pakem musiknya terbentang luas. Mereka menyajikan beragam musik melalui siaran yang dibagi ke beberapa macam program segar.

Nama "NTS" sendiri merupakan singkatan dari "Nuts To Soup", yang sebelumnya digunakan Adeyemi sebagai nama blog-nya. Tagline ikoniknya terpampang megah di laman resmi mereka: "Don't Assume."

Tidak hanya mewujud di jagad maya, NTS kerap menggelar event yang selalu disambut antusias oleh pecinta musik kontemporer. Penampilan live tak jarang dikemas seperti sebuah party diberi judul NTS Live.

Tahun lalu, Indonesia pun sempat disambangi NTS Live untuk pertama kalinya. Mereka bekerjasama dengan berbagai kolektif musik Tanah Air. NTS mampu menyalurkan sekitar 30 acara live di berbagai kota-kota seluruh dunia tiap bulannya.

Sebagai salah satu radio musik online paling produktif, tentunya satu stasiun di London tidak akan mampu memadai berbagai macam sajian musik yang kaya dan luas. NTS kemudian melebarkan sayapnya, dengan membuka stasiun di berbagai kota lintas negara. Sekarang, stasiun mereka sudah beroperasi di London, Manchester, Los Angeles, dan Shanghai.

Dilansir dari The Guardian, tercatat bahwa NTS berhasil mengantongi 250 ribu pendengar tiap bulannya. Sajian musik yang cukup segar dan terkurasi dengan apik menjadi senjata utama mereka. Terasa pula semangat pirate radio Inggris era 1960-an yang mengalir deras.

Terlepas dari itu semua, salah satu daya tarik terbesar NTS adalah sejumlah host dan musisi yang pernah tampil dan bermain di NTS. Seluruh penampilnya ini dikurasi oleh tim kecil NTS yang tersusun atas Fergus McDonald (Head of Programming), Sean McAuliffe (Managing Director), serta Femi Adeyemi (CEO).

Hasilnya? Penuh ragam karena melintasi banyak genre, dan memiliki mutu yang terjaga baik. Beberapa dari mereka yang telah singgah dan menjadi host di NTS antara lain; Jamie XX, Peanut Butter Wolf (Stones Throw), Ryuichi Sakamoto, Death Grips, M.I.A., Frankie Knuckles, dan masih banyak lagi.

Mengutip Institute of Contemporary Arts (ICA), "(NTS Radio) merupakan sebuah keluarga yang terdiri dari orang-orang beridealisme juga berhasrat tinggi pada musik yang mendedikasikan dan medukung berbagai macam musik serta budaya yang menarik melalui penyajian radio daring dan gelaran acara.

NTS mampu memaparkan musik-musik bawah tanah terbaik dari masa lampau, merayakan yang sekarang, hingga membuahi yang akan datang, mereka bangga menjadi sosok yang terbuka dan eksperimental."

Penasaran? Langsung aja main-main ke laman resmi mereka di sini, mungkin saja, lo akan menemukan musik favorit terbaru di sana!

*Foto: Hypebeast, Dazed

1 COMMENTS
  • cimoloriginal@gmail.com

    Sadisss

Info Terkait

superbuzz
17 views
superbuzz
145 views
superbuzz
133 views
superbuzz
126 views
supericon
39 views
superbuzz
288 views