Nyawa Baru Elephant Kind dalam Menyambut Album Ketiga

Nyawa Baru Elephant Kind dalam Menyambut Album Ketiga

  • By:
  • Rabu, 23 June 2021
  • 66 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kabar gembira datang bagi para penggemar garis keras Elephant Kind di pertengahan tahun 2021 ini. Band pop eksperimental asal Jakarta ini baru saja merilis single baru mereka. Ada kesan spesial pada single terbaru berjudul Modern Romance Dreaming (Lonely) yang dirilis oleh Elephant Kind pada akhir Mei lalu. Pasalnya, single terbaru dari Elephant Kind ini adalah single perdana yang akan menyambut lahirnya album ketiga mereka berjudul Superblue. Rencananya, Elephant Kind akan merilis album ketiganya tersebut dalam waktu dekat. 

Kesan spesial dari rilisnya lagu Modern Romance Dreaming (Lonely) tidak berhenti sebagai single penyambut saja. Elephant Kind memaknai sangat mendalam lahirnya lagu Modern Romance Dreaming (Lonely) yang berdampak pada karier mereka sebagai musisi. Di tahun 2020 berkat pesatnya penyebaran virus Corona yang membuat panggung musik terhenti, ketiga personel Elephant Kind, Bam Mastro, Kevin, dan Bayu sempat mempertanyakan masa depan mereka sebagai sebuah kelompok musik. Dengan lahirnya single Modern Romance Dreaming (Lonely) dan proyek album ketiga yang akan dirilis, menjadi sebuah penanda bahwa Elephant Kind siap bangkit untuk kembali memberi warna unik di blantika musik Tanah Air. Bam Mastro menyatakan bahwa lahirnya proyek album ketiga yang dikerjakan bersama Kevin dan Bayu ini secara tidak sadar menjadi penyelamat bagi Elephant Kind. Frontman Elephant Kind tersebut tidak menampik bahwa bisa saja jika tidak kembali bekerja sama dalam menggarap musik, mungkin ketiga anggota band pop eksperimental asal Jakarta ini sudah melakukan hal lain di luar Elephant Kind.

Secara nuansa yang dibangun, Elephant Kind tetap mempertahankan ciri khas warna musik mereka yang identik dengan musik-musik elektronik di era tahun 1980-an dan new wave dengan balutan instrumentalisasi yang catchy serta modern. Namun, dalam proses penggarapannya, Elephant Kind melakukan hal yang cukup berbeda. Diakui oleh Elephant Kind, dalam lagu Modern Romance Dreaming (Lonely) ini lahir dari inisiasi Kevin dan Bayu. Sebagaimana yang diketahui oleh publik, bahwa biasanya musik Elephant Kind lahir dari isi kepala Bam Mastro yang nantinya diolah bersama-sama. Kevin mengakui ide komposisi musik untuk Modern Romance Dreaming (Lonely) lahir atas dasar ketidak sengajaan. Kala itu dirinya sedang membuat draft lagu hanya menggunakan synth dan drum. Merasa memiliki potensi yang baik, akhirnya Kevin pun mengirim draft lagu tersebut kepada dua anggota Elephant Kind lainnya. Bam Mastro sebagai motor utama Elephant Kind memberikan respons yang baik terhadap lahirnya draft lagu Modern Romance Dreaming (Lonely). Selanjutnya, vokalis Elephant Kind tersebut mulai mematangkan elemen apa saja yang bisa melengkapi musik tersebut sembari melengkapi lagunya dengan lirik.

Sebagai penulis lirik, Bam Mastro juga mencoba untuk menghadirkan diksi-diksi yang straight forward ke dalam lagu Modern Romance Dreaming (Lonely). Menurutnya hal tersebut jadi memberi warna berbeda dibandingkan dengan lirik-lirik yang pernah ditulisnya sebelumnya. Sesuai dengan judul lagunya, Modern Romance Dreaming (Lonely) ditulis sebagai sebuah respons Elephant Kind terhadap cara adaptasi manusia di masa pandemi yang disebut new normal. Menurut mereka ada fenomena sosial yang cukup menarik perhatian, yaitu dengan minimnya pertemuan secara organik, kini orang bisa merasa jatuh cinta dengan medium virtual. Selain itu, rasa kesepian yang jadi tema utama dari lagu ini juga dimodifikasi oleh Elephant Kind untuk menjadi sebuah bentuk kebebasan manusia. Karena sejatinya manusia bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan.

Di luar perilisan single terbarunya, Elephant Kind juga sempat mengikuti program kolaborasi yang dicanangkan oleh Museum Macan di tahun 2021 ini. Elephant Kind hadir sebagai kolaborator untuk program bertajuk LaboKarya. Program tersebut merupakan inisiasi Museum Macan untuk menghadirkan kolaborasi antara musisi, perupa, brand, serta insan kreatif Tanah Air untuk mengembangkan potensi dunia kreatif yang lebih baik. Program kolaborasi yang dilakukan oleh Elephant Kind tersebut telah berjalan sepanjang bulan Mei 2021 lalu. Hasil dari kolaborasi yang dilakukan oleh Elephant Kind tersebut dipresentasikan ke dalam video klip untuk Modern Romance Dreaming (Lonely) di Museum Macan dengan menampilkan karya seni lainnya yang dibuat oleh para kolaborator lainnya.

Image courtesy of Elephant Kind

0 COMMENTS