Ola Englund: Sosok di Balik Gitar Keren Solar Guitars

Ola Englund: Sosok di Balik Gitar Keren Solar Guitars

  • By:
  • Rabu, 30 June 2021
  • 118 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Bagi Ole Englund, gitar bukan sekadar alat musik. Bagi musisi, penulis lagu, YouTuber dan produser asal Swedia itu, gitar adalah amunisi baginya untuk menghadirkan sebuah karya musik yang sempurna. 

Besar sebagai gitaris di beberapa band metal macam The Haunted, Feared, dan Six Feet Under, Ola Englund dikenal punya kemampuan bermain gitar yang mumpuni. Dengan modal pengalaman itu, Ola Englund akhirnya mendirikan brand gitar sendiri bernama: Solar Guitars.

Ola Englund pertama kali mengumumkan hadirnya Solar Guitars pada November 2017 melalui kanal YouTube Solar Guitars. Sebelum resmi diumumkan, secara berkala Ola Englund mengunggah video review dari model-model gitar yang dijual oleh Solar Guitars ketika pertama berdiri.

Sepintas dari model gitar milik Ola Englund ini, akan terlihat kental nuansa gitar musik metal. Namun, sosok berusia 39 tahun tersebut menyebut bahwa tujuannya meluncurkan brand Solar Guitars adalah untuk menyediakan gitar bagi mereka yang merupakan gitaris profesional maupun pemula.

"Ini adalah brand gitar baru yang fokus pada kebutuhkan untuk gitaris yang melakukan tur (musik) dan home recording, juga untuk mereka yang pemula. Dalam beberapa tahun terakhir, saya fokus pada proyek Solar Guitars untuk menghadirkan gitar yang simpel dan elegan, serta mudah untuk dimainkan juga menghasilkan suara luar biasa dengan semua jenis gear atau studio recording," ujar Ola Englund.

"Baik untuk membantu merekam lead yang 'sempurna' di rumah atau di studio, atau untuk menulis lagu hebat berikutnya, saya ingin gitar yang membawa saya lebih dekat ke tujuan itu dengan menginspirasi saya untuk menjadi pemain dan penulis lagu yang lebih baik," jelasnya.

"Solar Guitars adalah hasil dari dedikasi, fokus, dan semangat bertahun-tahun untuk gitar. Tujuannya adalah untuk merancang gitar yang benar-benar baik untuk pemain gitar modern, tidak peduli apakah Anda seorang pemula atau profesional. Kami tidak suka melabeli pemain; setiap orang memiliki tujuan dan aspirasi musik mereka sendiri. Solar Guitars lebih tentang memberi Anda alat yang tepat untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut—satu gitar pada satu waktu," kata Ola Englund.

Pada awal didirikan, Solar Guitars menyediakan empat tipe gitar yaitu Tipe A, S, V, dan E. Ada beberapa variasi dalam setiap tipe tertentu yang saat itu memiliki total 15 variasi. Setelah lebih dari 3 tahun berjalan, Solar Guitars mengalami perkembangan cukup pesat.

Kini, Solar Guitars bentukan Ola Englund sudah memiliki 8 tipe plus 1 tipe artis, dan juga tipe bass. Untuk gitar tipe artis atau signature gitar terbaru dari Solar Guitars hadir pada September tahun lalu yaitu GC1.6 Killertone and E1.6 Priestess.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ola Englund (@olaenglund)

Untuk gitar GC1.6 Killertone sendiri didesain bersama Jason Frankhouser, gitaris dari band metal Martyred. Sementara itu, gitar E1.6 Priestess adalah gitar signature dari Marzi Montazeri, gitaris Exhorder-- sebelumnya dari Philip Anselmo & The Illegals dan Superjoint Ritual.

Lebih lanjut, Ola Englund juga menegaskan bahwa Solar Guitars tidak didirkan hanya untuk memuaskan hasratnya atau membuat sebuah brand signature miliknya sendiri. Lebih dari itu, Solar Guitars adalah proyek yang melibatkan publik untuk terus berkembang dalam menghadirkan gitar terbaik untuk musisi.

"Tujuan kami adalah menciptakan gitar berkualitas tinggi yang luar biasa yang menawarkan fitur dan konstruksi premium, semuanya dengan harga yang wajar. Kami sangat percaya pada inovasi; itulah sebabnya kami memilih untuk menambahkan fitur seperti Evertune Bridge ke beberapa model gitar kami," terang Ola Englund.

 

Image source: Ultimate Guitars

0 COMMENTS