pablo cikaso

Pablo Cikaso Sulap Lagu Mondo Gascaro Jadi City Pop

  • By: NND
  • Senin, 13 April 2020
  • 359 Views
  • 3 Likes
  • 3 Shares

Sudah pernah dengar lagu “Dan Bila” ciptaan solois eks-Sore, Mondo Gascaro yang masuk ke dalam album Rajakelana miliknya? Sekarang lagu itu mendapatkan aransemen city pop ciri khas Pablo Cikaso, yang namanya memang sudah menjadi salah satu yang terbaik dalam halaman re-mix indie lokal.

 

Sejenak merekam jejak, karya re-mix Raka Suryakusumah—sosok di balik pseudonym Pablo Cikaso—sudah cukup luas, CV-nya sudah mumpuni. Di channel YouTube-nya, kalian dapat menikmati lagu-lagu beragam lintas genre; mulai dari White Shoes & The Couples Company, The Adams, hingga rapper asal Indonesia yang mendunia, Rich Brian. Semua lagu tersebut di daur ulang dengan benang merah musik city pop, disco, dan lo-fi.

Adapula sentuhan-sentuhan yang lebih spesifik dari anthem-anthem 90-an melalui lagu Tuyul dan Mba Yul yang dibungkus ala Tame Impala, serta theme song anime minggu pagi Crayon Shincan yang dijajarkan ke dalam nuansa ambient sejuk.

Berbicara re-mix terbarunya, “Dan Bila” dikemas ulang oleh Pablo Cikaso dengan pendekatan city pop 80-an. Melansir dari siaran pers, “Lagu ini dipilih lantaran Pablo menilai lagunya begitu eargasm dan cocok dengan musik-musik yang ia buat.”

“Selain itu, ‘Dan Bila’ adalah lagu yang pertama saya dengar dari album Rajakelana,” sambungnya. Dalam proses produksinya, Pablo Cikaso juga turut melibat beberapa orang lain, seperti Yuwanda yang menggarap artwork dan visualnya, serta Indra Adhikusima (Red Studio Bandung)  yang mengerjakan proses mastering.

“Dan Bila (Pablo Cikaso’s 80s Version)” resmi dirilis pada tanggal 10 April 2020 melalui Ivy League Music. Berbeda dari sebelumnya, selain mendarat di channel YouTube milik Pablo Cikaso, lagu juga dapat didengarkan di platform streaming musik pada umumnya.

Sejalan dengan Pablo Cikaso, label rekamannya, Ivy League Music, juga dijadwalkan akan merilis project re-mix atas karya-karya Mondo Gascoro; yang dalam pengerjaannya, turut menggaet kolaborasi dengan beberapa musisi lintas genre. Pantau terus kabarnya, hanya di SUPERMUSIC!

0 COMMENTS