oh kau kobam the rang-rangs

Paduan Punk dan Pop The Rang-Rangs di Karya Terbaru

  • By: NND
  • Minggu, 19 January 2020
  • 432 Views
  • 7 Likes
  • 8 Shares

Salah satu nama punk rock paling segar dari Bekasi, The Rang-Rangs, kembali aktif kancah musik lokal dengan merilis single baru "(Oh) Kau Kobam." Track anyar mereka resmi mengudara pada 13 Januari lalu.

Bukan sebatas single biasa, "(Oh) Kau Kobam" turut melibatkan sederet nama yang sudah tak asing lagi di musik independen Indonesia. Sebut saja Jimi Multhazam yang didapuk sebagai dwifungsi; penulis lirik sekaligus produser, tak ketinggalan juga Pandu Fuzztoni, yang turun tangan mengerjakan proses mixing.

Lirik guratan Jimi dikemas dengan musik bandel gubahan Mika Tobing, bassist dan vokalis The Rang-Rangs. Haryo Widi (Tarrkam) juga ikut digaet sebagai engineer dalam proses rekaman, sementara mastering dikerjakan oleh engineer legendaris Hok Laij.

Di atas kertas, "(Oh) Kau Kobam", mengisahkan roman sederhana. Bahasan cinta yang berdengung dari sudut pandang The Rang-Rangs yang dikenal selalu ceria, memastikan sebuah kisah sederhana.

Bumbu melankolis terdengar kala meyusuri verse-nya, hanya berubah arah ketika masuk bagian reff. Di sana justru daya pikat lagu ini, terutama, ketika semua berpadu balutan distorsi gitar , kita pun tak kuasa terjaring ke dalam riuh lagu ini.

"(Lagu ini) adalah sebuah perpaduan punk dengan musik pop yang serasi," ungkap The Rang-Rangs melalui siaran pers.

Benar saja, bayangkan Green Day era Dookie terinfeksi virus dan berubah menjadi zombie-zombie The Misfits yang kemudian angkat instrumen. Tentulah zombie itu akan memainkan musik yang serupa.

Perilisan single baru mereka juga dimantapkan oleh peluncuran video klipnya. Bertempat di Kamar Bising, sebuah venue kecil sekaligus kamar tidur milik Benarivo (Morgensoll), Jimi kembali merangkap sebagai sutradara, dibantu Herrachman sebagai videografer. Techa Aurellia (Pelteras) juga hadir sebagai cameo di dalamnya.

Seperti biasanya, The Rang-Rangs selalu melibatkan seniman muda yang masih "segar" dalam setiap karya-karya mereka, dan kali ini, giliran Aditya Corsa yang ditunjuk untuk mengerjakan artwork single ini.

The Rang-Rangs sendiri merupakan sebuah trio punk kelahiran tahun 2016 yang diisi oleh Mika Tobing (bass, vokal), Miko Tobing (gitar, vokal), dan Bagas Raka (drum, voc). Sebelumnya mereka sudah memiliki sebuah EP (Fun The Mentals, 2016) dan dua single ("Sejuknya Mobil Bapakmu, 2019; "Senangnya Disapa Dirimu", 2019).

"(Oh) Kau Kobam," sebagai yang terbaru dari mereka, sudah dapat dinikmati di berbagai platform musik digital. Simak video klipnya di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait