Pamungkas

Pamungkas Makin Berani Terbang Solo dengan Album Kedua

  • By: NND
  • Selasa, 18 June 2019
  • 615 Views
  • 5 Likes
  • 0 Shares

Setelah sebelumnya berhasil merilis dua single guna mendukung perilisan album kedua dan terbarunya, Flying Solo, Pamungkas baru saja merilis album sophomore-nya tersebut. Bertepatan dengan diluncurkannya Flying Solo, Pamungkas juga menggandeng dua buah trek dari album yang sudah resmi dirilis untuk menjadi single ketiga dan keempatnya.

"The Retirement Of U" dan title track "Flying Solo" menjadi dua single terbarunya, dan sudah dapat diperdengarkan bersama keutuhan album baru dari Pamungkas tersebut.

Menyelisik album keduanya ini, terasa benar resep apa yang disediakan Pamungkas saat meramunya didalam dapur kamar tidurnya itu. Lirik-lirik relevan yang mudah di-relate oleh kaum millenial, yang berkutit dalam putaran cinta dan harapan selalu naik ke permukaan.

"Lirik di album ini sebenarnya adalah sekuel dari album sebelumnya, Walk The Talk, yang berbicara tentang seorang penyendiri yang berjuang di dunia nyata atau kehidupan," imbuhnya melalui siaran pers yang diedarkan.

Menoleh ke album pertamanya yang resmi rilis pada tahun 2018 silam, terasa bahwa musiknya pun belum beranjak jauh dari debut albumnya itu. Sound yang disajikan Pamungkas merupakan sound musik pop yang "segar". Kesegaran yang dimaksud keluar secara deras dari synth dan beats yang kerap menjadi senjata utama dalam mengemas musik pop remaja, dan Pamungkas mengolahnya dengan tepat.

Tiap trek dalam keutuhan album tersebut diproduksi dengan baik, terasa depth dan ruang yang luas di dalam suara-suaranya. Jika dalam pengerjaannya, hal inilah yang dikejar oleh Pamungkas, maka ia berhasil meraihnya. Dari sinilah, unsur "segar" itu hadir.

Merangkumnya, Flying Solo—sama seperti album pertama dari Pamungkas—merupakan sebuah album pop arus utama dari musisi independen yang digarap secara baik. Meski begitu, dengan tema dan penulisan lirik yang tidak jauh kurang variatif, mendengarnya secara utuh pun cenderung menjenuhkan; terutama mengingat temanya yang tidak jauh berbeda dari debut albumnya, yang masih berkutat dengan perkara cinta remaja dan sekitarannya. Perlu ada eksplorasi tema dalam meruntut lirik, mengingat masih banyak yang bisa di-relate kaum millenial ketimbang cinta (kegundahan, pencarian identitas, atau hal personal lainnya bisa menjadi awal yang baik).

Album kedua dari Pamungkas, yang sama seperti album perdananya, merupakan karya yang ia garap sendiri; mulai dari pembuatan lirik, aransemen, mixing, mastering, bahkan desain artwork-nya. Dirilisnya album ini pun melalui label rekaman miliknya sendiri, Maspam Records.

Secara konsep, Flying Solo dibagi menjadi dua bagian, dimana trek pertama "Intro III" mengawali bagian pertamanya. Pada bagian ini, Pamungkas bermaksud melepas salam kepada siapapun yang telah melanjutkan perjalanan mereka (Walk The Talk) dan menyambut kehidupan yang baru. Bagian kedua dimulai dengan trek ke-6, "Intro IV", hingga album ditutup. Melaluinya, Pamungkas menekankan bahwa meskipun telah diterpa banyak hal yang baru, ia tetaplah merupakan orang yang sama.

Album kedua tersebut telah resmi dirilis pada tanggal 14 Juni kemarin. Kalian sudah dapat mendengarkannya melalui layanan streaming musik pada umumnya.

Guna terus mendukung album keduanya, Pamungkas pun segera angkat koper dan beranjak tur. Flying Solo Tour akan dimulai menyambangi 5 kota besar Indonesia; yakni Malang, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan Bandung. Cek akun Instagram Pam untuk info terkait tanggal dan lainnya.

Mengutip siaran pers yang beredar, Pamungkas menulis, "Dengan album ini, Pamungkas ingin mengajak semua orang untuk berani berjuang apa yang ingin mereka lakukan dan mencapai tujuan hidup mereka. Dengan tidak hanya berpikir, tetapi selalu berjalan dan mencari solusi bila menemukan rintangan, bahkan bila sendirian pun, kita harus berani menjalankan apa yang kita cintai jadi tetaplah berjalan (read: so keep Walk The Talk)."

Dengarkan single ke-4, dan track-title dari album terbarunya, "Flying Solo", di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
380 views
superbuzz
343 views
superbuzz
1132 views
superbuzz
900 views
superbuzz
537 views
superbuzz
883 views