Patung Nick Cave Akan Didirikan di Kota Kelahirannya

  • By: NTP
  • Senin, 2 July 2018
  • 791 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Penggalangan dana untuk pendirian patung Nick Cave berbahan perunggu di Warracknabeal, Australia, akan dimulai Agustus mendatang. Patung Cave ditampilkan sedang memakai selembar kain dan menaiki kuda, yang berawal dari sebuah lelucon yang dilontarkan eks manajer band Cave, The Bad Seeds, Rayner Jesson.

Cave lahir di Warracknabeal pada 22 September 1957 sebelum keluarganya pindah ke Wangaratta, yang berjarak 380 KM dari tempat lahirnya. Pendirian patung Cave di Warracknabeal diharapkan dapat menarik turis ke kota tersebut.

Proyek ini diinisiasi oleh Peter Loy, anggota Warracknabeal Arts Council dan penggemar Cave. Penggalangan dana ini ia mulai atas dukungan Yarriambiack Shire Council.

“Kami mulai membicarakan pendirian patung Nick yang mengendarai kuda, dengan gaya seperti Ned Kelly tapi tanpa helm. Seingat saya saat itu Nick sedang mengerjakan naskah (film western outback) The Proposition tahun 2005… aroma westernnya memang kental.”

“Desainnya sudah berubah beberapa kali… Seringkali bercampur dengan humor,” jelas pematung Corin Johnson pada Guardian Australia.

Cave menganggap miniatur purwarupa patungnya sebagai “sebuah karya seni homo erotik yang indah.” Sementara, Johnson justru menganggapnya sebagai gabungan “Louis 14th dan outlaw spiritual.” Saat ini, miniatur tersebut tengah dipamerkan di Melbourne Arts Centre.

Awalnya, patung ini akan dipajang begitu saja di tengah kota, tapi keterlibatan Loy membuat proyek ini menjadi lebih formal dan prosedural.

“Ini adalah pertama kalinya proyek ini disetujui. Semua aspek sekarang sudah berjalan lancar. Kami sudah menghubungi pandai besi perunggu setempat dan mereka yakin bisa melaksanakan pengecoran di sana. Ada beberapa pendukung proyek ini di kota Warracknabeal,” ujar Johnson.

Patung Nick Cave diperkirakan memakan biaya US$200 ribu. Semua sisa dana dari penggalangan dana akan disumbangkan ke yayasan Cave Youth Arts Foundation, yang didirikan orangtua Cave, Colin dan Dawn.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
1816 views
superbuzz
6849 views

10 Suara Unik di Lanskap Rock