Peduli Pendidikan Seni di Kalangan Anak-Anak, Flea Dirikan Sekolah Musik

  • By: NTP
  • Jumat, 18 August 2017
  • 2033 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Bassis Red Hot Chili Peppers, Michael ‘Flea’ Balzary, baru-baru ini menyampaikan kritik keras bagi para politisi AS yang ingin menghentikan pendanaan pendidikan musik di sekolah.

“Hal itu sepenuhnya salah, seperti penganiayaan terhadap anak-anak,” ucap Flea pada wawancara dengan Rolling Stone (14/8).

[bacajuga]

Pendapat Flea berasal dari pengalamannya saat mengunjungi sekolahnya, Fairfax Senior High School, untuk berbicara dalam suatu seminar di tahun 2000. Bassis berambut hijau ini menyadari bahwa kelas musik di sekolahnya tak memiliki satu pun instrumen musik.

“Mereka punya satu atau dua gitar akustik, boombox, seorang guru sukarela dan mereka berkumpul melingkar, berbicara soal musik. Saat itu saya merasa berkecil hati dan mempertanyakan, ‘Ke mana orkestranya? Ke mana band sekolah ini?’ Mereka bilang semua dana untuk kelas musik sudah dihentikan. Para gurunya bahkan tak memiliki instrumen. Hal ini sangat mengejutkan saya,” jelas Flea.

Flea mulai bertindak dengan mendirikan Silverlake Conservatory of Music, sebuah sekolah nirlaba yang baru saja diperluas tahun lalu. Ia mendirikan sekolah itu bersama beberapa rekannya di tahun 2001. Silverlake Conservatory of Music menawarkan les musik, kelas ansambel, serta pelajaran dan instrumen gratis untuk para murid berprestasi.

Awalnya pendanaan Silverlake Conservatory of Music berasal dari kantong Flea, tapi beberapa tahun belakangan ia mulai menggalang pendanaan lewat konser. Konser penggalangan dana tahun ini menampilkan Randy Newman, Anderson .Paak, dan Red Hot Chili Peppers, acara ini akan diadakan pada 9 September mendatang. Tahun ini adalah pertama kalinya Silverlake Conservatory of Music menggalang dana di area sekolah sendiri.

“Konser ini kami gelar hampir setiap tahun, kali ini kami akan tampil secara akustik dan dibantu paduan suara anak-anak dari (Silverlake Conservatory of Music).”

“Setelah betahun-tahun melakukan penggalangan dana, kami akhirnya bisa membeli gedung dan memiliki ruangan yang luas. Gedung ini memiliki 12 ruangan belajar pribadi, empat kelas, satu panggung besar dan 800 murid. Semua yang menghadiri penggalangan ini akan melihat sekolah ini, merasakan bagian diri mereka di gedung ini,” papar Flea.

Namun rencana Flea tak hanya berhenti di situ, timnya kini tengah mencari lokasi lain di sekitar Los Angeles untuk membuka sekolah serupa. Salah satu faktor terbesar yang mendorong Flea adalah kekhawatirannya akan rencana pemerintahan Trump memotong dana di sektor seni, yaitu The National Endowment for the Arts (NEA).

“Musim panas ini saya mendirikan sekolah baru di kompleks Watts. Kami memulai programnya dengan kelas musik gratis di musim panas, yang baru saja selesai. Program itu sangat bagus dan sukses. Jadi, saya ingin mendirikan bangunan baru di daerah itu”.

“Saya khawatir akan banyak hal yang ia, tapi rencananya memotong dana NEA, itu benar-benar berhubungan dengan dunia saya,” jelas Flea.

Flea berharap dapat mendorong banyak orang untuk melawan pemotongan dana tersebut, dimulai dari level terkecilnya di lingkungan sekitar.

“Kita semua akan melihat hasilnya. Saya menganjurkan semua orang untuk membantu lingkungan terdekat mereka dengan cara apapun. Banyak orang di luar sana yang tidak punya uang, makanan, tidak menerima pendidikan atau perawatan kesehatan. Perubaha di tingkat institusi memang sangat bagus, tapi kita juga bisa melakukan perubahan berarti di lingkungan terdekat kita,” tutup Flea.

0 COMMENTS

Info Terkait

supershow
1189 views
superbuzz
526 views
supericon
1575 views

Flea: The Crazy Bassist

superbuzz
633 views
superbuzz
785 views