Larry Carroll

Pelukis Sampul Album Slayer, Larry Carroll, Meninggal Dunia

  • By: NTP
  • Kamis, 23 May 2019
  • 848 Views
  • 1 Likes
  • 2 Shares

Pelukis dan seniman grafis Larry Carroll telah meninggal dunia di usia 65 tahun. Carroll dikenal sebagai seniman yang menggarap beberapa album berpengaruh karya Slayer.

Kepergian Carroll diumumkan oleh galeri Karsten Greve, di Koln, Jerman yang selama ini menjadi perwakilannya sejak 1999. Hingga saat ini sebab kematiannya belum diumumkan.

Walau karya Carroll telah diterbitkan dan dipamerkan di berbagai galeri serta majalah seni, metalheads mengenalnya sebagai ilustrator album-album Slayer.

Kolaborasi mereka dimulai di fase awal karir Slayer, dimulai dari Reign In Blood (1986), South Of Heaven (1988), Seasons In The Abyss (1990) dan baru kembali lagi dengan Christ Illusion (2006).

Gaya estetika almarhum menggabungkan kengerian psikologis, kekejaman perang manusia, kesadisan setan dan iblis. Ilustrasi Carroll hingga kini turut membentuk estetika Slayer secara keseluruhan.

Kolaborasi Carroll dan Slayer bermula saat ia dihubungi oleh produser album Reign In Blood, Rick Rubin. Saat itu label besutan Rubin, Def Jam Recordings baru saja menekan kontrak album dengan Slayer.

“Tidak banyak pengarah seni yang meminta saya untuk membuat ilustrasi album baru Aerosmith atau Sting. Saya rasa mereka takut mendapatkan hasil khas karya saya. Banyak yang bilang karya-karya saya terlalu gelap, jadi Slayer adalah pasangan cocok bagi saya,” ujar Carroll saat diwawancara oleh Revolver Magazine, tahun 2010.

Dalam wawancara itu, almarhum juga mengatakan bahwa semua karyanya untuk Slayer dihasilkan di medium mixed-media.

“Saya kerap menggunakan akrilik, cat minyak dan kolase gambar yang difotokopi. Saya sering menggambar sesuatu dan memfotokopinya menggunakan mesin Xerox, ini sudah saya lakukan sejak era 70-an.

Gambar itu saya perbesar kemudian diperbanyak jika dibutuhkan. Sekarang ada Photoshop, tapi metode saya jauh lebih organik dan fisik, saya masih memilih metode ini ketimbang komputer,” jelas Carroll.

Dilansir dari Artforum, karya Carroll masih tersimpan di koleksi Solomon R. Guggenheim Museum (New York), Museum of Contemporary Art (Los Angeles), Stuttgart City Gallery, Vatican Museums (Roma) dan Museo Cantonale d'Arte (Lugano, Italia).

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    sampul album SLAYER yang menggambarakan suasana kengerian

Info Terkait

superbuzz
295 views
supernoize
1123 views
supershow
1521 views
superbuzz
433 views