Penantian Tigers Jaw dalam Merilis Album Keenam

Penantian Tigers Jaw dalam Merilis Album Keenam

  • By:
  • Rabu, 31 March 2021
  • 111 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Terakhir kali merilis sebuah album di tahun 2017, selama kurang lebih 4 tahun Tigers Jaw pun akhirnya kembali muncul dengan memperkenalkan album barunya di tahun 2021. Pada awal Maret lalu, Tigers Jaw mengumumkan bahwa mereka telah merilis album keenamnya, berjudul I Won’t Care How You Remember Me. Menurut beberapa pemberitaan di media musik internasional, album keenam Tigers Jaw ini merupakan salah satu album yang ditunggu-tunggu untuk rilis di tahun 2021 ini.

Pemberitaan tersebut hadir setelah beberapa waktu lalu, Tigers Jaw sempat merilis 4 buah single yang diproyeksikan sebagai sebuah pengantar untuk menyambut album I Won’t Care How You Remember Me. Keempat single yang dirilis oleh Tigers Jaw di antara lainnya adalah, Cat’s Cradle, Lemon Mouth, Hesitation, dan New Detroit sejak tahun 2020 lalu. Selain itu, Tigers Jaw juga secara eksklusif merilis album I Won’t Care How You Remember Me dengan mengadakan sebuah acara release party virtual. Dalam acara tersebut, Tigers Jaw memainkan seluruh lagu yang berada di dalam album I Won’t Care How You Remember Me. release party virtual yang diadakan oleh Tigers Jaw tersebut disiarkan melalui kanal Youtube Hopeless Records, label rekaman yang menaungi band asal Amerika Serikat tersebut. Acara tersebut juga hadir sebagai penawar rindu para penggemar Tigers Jaw yang akhirnya melihat aksi panggung terbaru mereka.

Dalam menggarap album I Won’t Care How You Remember Me, Tigers Jaw juga mengakui bahwa mereka melakukan pendekatan kreatif yang berbeda dari album-album sebelumnya. Dalam proses penggarapan album sebelumnya, seluruh input kreatif Tigers Jaw biasanya datang dari Brianna Collins dan Ben Walsh sebagai penulis lagu dan baru pada tahap rekaman biasanya mereka berdua mengikut sertakan kedua anggota lainnya, yaitu Teddy Roberts dan Colin Gorman untuk menyempurnakan lagunya. Namun, untuk I Won’t Care How You Remember Me, Tigers Jaw mengakui bahwa mereka menggarap lagu secara kolektif. Keempat anggota yang ada di dalam Tigers Jaw memiliki peran penting dalam menulis materi untuk album keenam ini. Tigers Jaw juga mengundang Will Yip untuk menjadi produser dalam proses produksi album I Won’t Care How You Remember Me.

Mungkin bagi beberapa penggemar Tigers Jaw terdahulu akan kaget mendengar materi-materi baru yang tersaji pada album I Won’t Care How You Remember Me. Pasalnya, Tigers Jaw juga memperkenalkan nuansa musik yang berbeda. Berkat pendekatan kolektif dalam pembuatan lagunya, musik Tigers Jaw lebih terkesan memiliki emosi yang lengkap. Selain itu, warna musik yang dibawakan Tigers Jaw juga lebih kental ke arah indie rock setelah album-album sebelumnya yang terdengar memiliki elemen musik yang berasal dari punk atau emo

Elemen musik punk dan emo tersebut memang memiliki kedekatan dalam pembentukan Tigers Jaw di tahun 2005. Fall Out Boy dan My Chemical Romance merupakan segelintir band emo dan punk yang cukup jadi inspirasi bagi band yang dibentuk oleh Ben Walsh dan Adam McIlwee di masa-masa sekolah menengah atas. Beberapa bulan setelahnya, baru Brianna Collins ikut memperkuat pondasi Tigers Jaw. Nama Tigers Jaw sendiri diambil dari referensi sebuah band lo-fi bernama The Microphones. Bahkan, di awal mula pembentukannya, Tigers Jaw sempat menulis beberapa lagu yang juga terinspirasi dari The Microphones. 

Tigers Jaw pertama kali merilis album di tahun 2006 dengan tiga orang personel. Album tersebut berjudul Belongs To The Dead. Sebagai band pendatang baru di skena punk dan emo, album perdana Tigers Jaw cukup mendapatkan apresiasi positif dari berbagai macam pihak. Sang vokalis saat itu, Adam McIlwee mendominasi penulisan lagu untuk materi album pertama Tigers Jaw. Beberapa kritikus menganggap bahwa cara penulisan lagu yang dilakukan oleh salah satu pendiri Tigers Jaw tersebut cukup menghadirkan persona yang kuat. Persona tersebut juga dimaksimalkan dengan permainan gitar yang solid, sehingga terdengar selaras dan memberi kekuatan tersendiri pada album perdana dari Tigers Jaws. Karakter kuat tersebut tetap dibawa oleh Tigers Jaw saat mereka merilis album kedua di tahun 2008 dan album ketiga mereka di tahun 2010.

Di tahun 2013, Tigers Jaw harus menerima kenyataan bahwa band tersebut harus ditinggalkan 3 anggotanya secara langsung. Adam McIlwee, Dennis Mishko, dan Pat Brier memilih untuk keluar dari band tersebut. Kabar mengenai perginya ketiga pilar di dalam Tigers Jaw tersebut diumumkan melalui akun Twitter pribadi mereka dan hanya menyisakan Ben Walsh dan Brianna Collins. Atas permasalahan yang terjadi, Tigers Jaw pun harus membatalkan tur konser Eropa mereka. Beberapa penggemar berspekulasi bahwa Tigers Jaw akan bubar, namun dua anggota yang tersisa memutuskan untuk menjalankan Tigers Jaw bersama-sama sebagai duo dengan dibantu oleh beberapa teman musisi mereka untuk memproduksi album ke depannya. Hingga akhirnya, mereka membuktikan dengan merilis Charmer sebagai album keempat di tahun 2014. 

Setelah rilisnya album keempat, Tigers Jaw sering menjadi penampil di berbagai macam festival musik. Hal itu juga yang menyebabkan mereka akhirnya baru merilis album kelima mereka berjudul Spin di tahun 2017. Rilisnya album kelima tersebut juga dijadikan sebagai sebuah bentuk perayaan 10 tahun dari album kedua yang sempat dirilis Tigers Jaw saat formasi awal mereka masih terbilang lengkap.

Image courtesy of DIY Magz

0 COMMENTS