HORROR STORY: Pengalaman Mencekam Saat Manggung

  • By: OGP, AB
  • Kamis, 20 October 2016
  • 4250 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setiap band selalu memiliki pengalaman tersendiri ketika sedang berada pentas di panggung. Biasanya berbagai reaksi penonton turut memompa riuh seisi area konser. Ada yang sing-along hingga ikut ber-moshing ria bareng sang idola. Yang mungkin tidak terlalu sering terdengar, tidak jarang aksi panggung para rocker juga diiringi dengan beberapa pengalaman ‘aneh’ yang dirasakan para personel band saat manggung.

Seperti yang dirasakan Agus “Giox” Purnomo, bassis band rock asal Jakarta Superglad. Saat ditemui tim SupermusicID, Giox mengaku pernah merasakan hal-hal aneh selama tur bersama unit Superglad. Ia mengaku sempat mengalami situasi beraroma mistis saat pentas di berbagai pelosok daerah Indonesia. Salah satu saat manggung area Klaten sekitar periode pertengahan 2005.

“Jadi pernah waktu itu kami main jam 11 malam di Klaten, Kita manggung di sebuah rumah tua. Pas soundcheck aman-aman aja sih. Tapi memang sudah kerasa bau dupanya. Akhirnya kita mulai show, gak lama hujan pun turun. Tapi tetap lanjut show”, jelasnya. “Saat masuk lagu ketiga apesnya hujan makin deras. Keadaan diperparah dengan alat musik yang tiba-tiba nyetrum semua. Gak lama keciuman lagi bau dupanya. Yang bikin heran, tiba-tiba gue liat sosok nenek pake kebaya sambil ketawa-ketiwi. Akhirnya langsung ditanyain ke pihak penyelenggara kok ada nenek-nenek di stage. Tapi ternyata si nenek emang ga ada kata si panitia”, Giox sambil tertawa.

Giox pun menambahkan, “Pernah waktu itu gue manggung di Sanggau (Kalimantan Barat) kalau gak salah tahun 2004. Di sekitaran hutan niatnya buang air kecil karena udah kebelet. Jadi pipis aja sembarangan. Ternyata tempatnya berdekatan dengan jurang yang di bawahnya ada pemakaman. Pulang-pulang ke Jakarta, (maaf) kelamin gue sakit. Terus dibawa deh ke orang pintar buat disembuhin”. 

Sama halnya dengan unit Kelelawar Malam yang memiliki pesona angker layaknya menonton sebuah pertunjukan horor. Band yang dikenal senantiasa melakukan aksi ‘ritual’ gila nan mencengangkan ini pun, mengaku pernah merasakan pengalaman seram yang dilaluinya saat manggung, seperti yang diutarakan Sayiba sang vokalis.

“Iya, pernah kejadian waktu main di Bandung tahun 2009 lalu. Seperti biasa kami melempar daun melati dan menyan di hadapan venue. Si penjaga tempat keliatannya tidak senang dengan aksi kami. Tiba-tiba gong berbunyi, padahal ga ada yang mainin gong itu. Seketika kita semua pada merinding,” ucapnya serius Sayiba melanjutkan, “Pernah juga ketika kita manggung di Palembang, kami meminta bantuan kepada rekan Rian Pelor untuk menjadi “pocong” demi kebutuhan panggung. Tidak disangka Pelor hampir kesurupan saat mencoba menjelma menjadi mahluk gaib jadi-jadian tersebut.”

Bagaikan bumbu, Kelelawar Malam tidak kapok untuk selalu menjalankan ‘ritual’ uniknya itu. Bagi mereka, aksi teatrikalnya tersebut merupakan hal yang wajib dipersembahkan kepada penonton di venue. Bukannya mencekam, tapi penonton malah semakin terhibur.

Menyambung pengalaman Giox Superglas, personel band trash metal Speedkill juga pernah mengalami pengalaman menyeramkan. Kejadian seram ini berlangsung di studio milik Giox, sang vokalis Unbound bercerita, “Gitaris gue lagi take gitar. Gue tiduran di studio, dekat kaca. Terus gitaris gue bilang di kaca ada kuntilanak.” ”Gue sama sekali enggak lihat, gitaris gue yang lihat kuntilanak itu ada di atas gue.  Tiba-tiba gue dibangunin dan diajak ke luar studio dulu, baru diceritakan kalau ada kuntilanak,” tambahnya sambil bergidik.

Tak berhenti di situ, pengalaman kedua terjadi di tahun 2005 waktu Speedkill akan manggung di Park (Bengkel Night Park). Saat mereka mau berangkat ke venue, Zaini Arasyid sang drummer kesurupan yang mengakibatkan dirinya tidak ikut beraksi di manggung. Usut punya usut, ternyata dirinya menyenggol sesuatu yang memiliki ‘isi’ di dalamnya.

Entah takhayul atau nyata, musik rock memang kerap memainkan distorsi yang tidak hanya bisa menggetarkan energi pendengarnya, namun (mungkin) bisa mengusik penghuni dimensi lain. Namun di tengah kisah seram yang mengiringi, rasa takut itulah yang mungkin membuat para rocker memiliki mental yang garang. 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
4234 views
superbuzz
4705 views
superbuzz
3794 views
superbuzz
3978 views
superbuzz
5518 views