Pengertian Musik Rock dan Evolusinya di Industri Musik Modern

Pengertian Musik Rock dan Evolusinya di Industri Musik Modern

  • By:
  • Minggu, 11 April 2021
  • 302 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Mungkin jika ada yang membahas tentang pengertian musik rock secara definitif, banyak yang menganggap tahun 1960-an hingga 1980-an menjadi era keemasan dari genre musik tersebut. Namun, bukan berarti popularitas musik rock di kalangan musisi semakin pudar. Nyatanya, pengertian musik rock hingga saat ini bisa dibilang memiliki spektrum yang luas dan mampu menjadi salah satu genre musik yang terus relevan dan berevolusi seiring dengan zaman. Sebelum membahas lebih lanjut tentang pengertian musik rock dan evolusi yang dialami di industri musik modern, masih mengetahui akar dari musik rock itu sendiri.

Pengertian musik rock terkait sejarahnya mungkin bisa dibilang memiliki cerita yang unik. Pasalnya, menurut beberapa peneliti dan buku sejarah yang membahas tentang pengertian musik rock, asalnya genre musik ini hadir dari modifikasi musik folk dan juga musik blues. Jika dikaitkan dengan musik blues, mungkin rock memang terdengar beririsan. Namun, untuk musik folk masa kini, rasanya mungkin sulit untuk dipahami oleh nalar. Di masa awal kelahiran musik rock pada dekade 1950-an, genre ini lebih dikenal dengan istilah rock n roll. Dalam memahami pengertian musik rock di masa awal, akan sangat mudah untuk mengidentifikasinya dengan karya-karya dari Elvis Presley, Jerry Lee Lewis, dan Chuck Berry. Sebagai catatan, genre musik rock n roll ini lebih dulu besar di Amerika Serikat sebelum mulai melakukan ekspansi ke belahan dunia lainnya.

Genre musik yang secara perlahan populer di kalangan penikmat musik Amerika Serikat ini pun akhirnya lama kelamaan berkembang di berbagai daerah di Amerika Serikat dengan identitasnya masing-masing. Pengertian musik rock yang masih berkembang di dataran Amerika Serikat ini mulai memiliki cabang atau turunannya. Sebut saja, surf rock dan psychedelic rock yang mewakili identitas perkembangan generasi. Surf rock merupakan sebuah inovasi di awal tahun 1960-an dari pengertian musik rock yang dipahami oleh musisi-musisi di kawasan California bagian selatan. Kawasan ini memang dikenal jadi salah satu destinasi populer bagi warga Amerika Serikat untuk bertamasya di pantai dan juga berselancar. Dengan pengaruh geografis tersebut, para musisi mulai mencari inovasi dalam membuat suara musik rock yang mampu menghadirkan kesan penuh adrenalin sekaligus efek suara layaknya deburan ombak. Nama-nama musisi yang cukup identik dengan genre musik rock satu ini adalah 

The Beach Boys, The Ventures, dan The Surfaris. Meskipun memiliki nama genre yang terinspirasi dari aktivitas berselancar. Tidak semua musik surf rock membahas tentang hal tersebut. Pengertian musik rock satu ini terus berkembang untuk menceritakan tentang kehidupan kultur di kawasan California selatan yang juga identik dengan skena otomotif hot rod.

Pengertian musik rock pun dipahami oleh musisi dengan sudut pandang yang lebih progresif. Dalam mewakili generasi maupun fenomena, akhirnya psychedelic rock pun lahir. Hadir dan berkembang pesat di pertengahan tahun 1960-an hingga awal dekade 1970-an, pengertian musik rock baru ini cukup populer menjadi buah bibir di kalangan pegiat industri musik. Pasalnya, turunan dari musik rock satu ini cukup terdengar unik dan aneh untuk didengarkan oleh kalangan luas. Selain itu, liriknya yang tersirat juga membuat banyak orang kurang dapat memaknai secara utuh dari pengertian musik rock yang berevolusi ini. Meskipun begitu, musik psychedelic rock ini cukup diminati oleh anak-anak muda. Bahkan, popularitas musik psychedelic rock ini tidak hanya menginspirasi para musisi di Amerika Serikat saja. Di Inggris misalnya, The Beatles juga menghadirkan karakteristik musik psychedelic rock ke dalam karya-karya mereka. 

Dengan pendekatan kreatif yang datang dari psychedelic rock, beberapa musisi di generasi berikutnya pun mencoba untuk mengolah dan memahami pengertian musik rock dengan pandangan yang lebih luas. Pengertian musik rock yang berasal dari sudut pandang yang lebih luas ini pun berhasil melahirkan turunan musik rock dengan elemen-elemen yang berasal dari eksplorasi lintas genre, seperti jazz misalnya dan kini lebih dikenal dengan sebutan progressive rock. Karakteristik yang cukup mewakili identitas dari pengertian musik rock turunan ini adalah permainan musik dengan tempo yang berubah-ubah, progresi chord yang terbilang sangat dinamis, serta kehadiran peran synthesizer analog untuk membangun suasana yang dramatis. Beberapa pihak yang meneliti musik sebagai bagian dari budaya sempat mengumumkan bahwa lahirnya progressive rock ini bisa ditemukan di 3 negara, yaitu Inggris, Amerika Serikat, dan juga Jerman. Salah satu ikon yang cukup populer lahir dari pengertian musik rock progresif ini adalah Dream Theater. 

Dengan versatilitas dan fleksibilitas yang hadir dalam komposisi musik rock, semakin tahun pengertian musik rock pun akhirnya memiliki definisi yang cukup beragam. Mungkin salah satu karakter suara yang bisa mewakili identitas musik rock adalah efek distorsi dan juga overdrive yang kerap kali digunakan sebagai landasan atau pondasi dari karakteristik musik rock itu sendiri. Masuk ke industri musik modern di tahun 1990-an hingga saat ini, kita dapat mendengarkan seluruh aspek musik rock dari berbagai macam lagu. Bahkan hingga saat ini pengertian musik rock terus berevolusi dan tidak pernah berhenti untuk mewakili sebuah generasi. Hadirnya genre seperti alternative rock, punk rock, pop rock, modern rock, jazz rock, membuat pengertian musik rock jadi hal yang mudah dipahami oleh berbagai musisi baik profesional maupun amatir dari latar belakang musik yang luas. 


Image courtesy of kondr.konst / Shutterstock

0 COMMENTS