U2

Penggemar Temukan Lagu ‘Harta Karun’ U2

  • By: NTP
  • Selasa, 9 July 2019
  • 216 Views
  • 3 Likes
  • 0 Shares

Baru-baru ini, situs komunitas penggemar U2 bernama ATU2 berhasil menemukan beberapa rekaman konser U2 pada 11 Agustus 1979 di Dandelion Market. Rekaman ini dianggap sebagai materi U2 paling awal.

Pada Agustus 1979, U2 masih sangat jauh dari kata terkenal, mereka baru menjadi sebuah band punk rock yang mengais panggung di sekitar Dublin, Irlandia. Album perdana mereka, Boy baru akan dirilis setahun kemudian dan materi EP Three baru akan memasuki sesi rekaman.

Rekaman U2 di Dandelion Market digarap oleh Pete McCluskey. Dia adalah salah satu personil The Strougers, band yang saat itu menjadi pembuka U2. Menurut catatannya, mereka tampil di siang hari kemudian U2 pada pukul 15.00.

Pada laman arsip di ATU2, terpampang beberapa lagu yang U2 bawakan pada sore itu. Set U2 memuat beberapa lagu yang akan menjadi ujung tombak mereka, seperti “Out Of Control” dan “Shadows And Tall Trees”. Masih dengan semangat era 70-an, Bono bahkan membawakan hits Led Zeppelin, “Black Dog”.

Namun, bukan lagu-lagu itu yang menjadi ‘harta karun’ bagi penggemar berat U2, melainkan dua lagu berjudul “In Your Hand” dan “Concentration Cramp”. Menurut analisis ATU2, keduanya tidak hadir dalam versi rekaman studio di rilisan U2 hingga hari ini.

Singkatnya, kedua lagi itu adalah lagu baru U2 yang sudah berumur 40 tahun. Hingga saat ini, belum ada kabar resmi dari pihak U2 apakah lagu tersebut akan kembali digiring ke studio, atau dibiarkan hidup dengan versi konser Dandelion Market tahun 1979.

ATU2 selama ini konsisten mengumpulkan dan menerbitkan informasi arsip sekaligus trivia lain bagi penggemar berat U2. Mereka bahkan memiliki divisi khusus yang menampilkan catatan dan gambaran tentang setiap konser U2.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
33 views
superbuzz
39 views
superbuzz
34 views
superbuzz
39 views
superbuzz
31 views
superbuzz
40 views