Queen Latifah

Penghargaan Medali dari Harvard untuk Queen Latifah

  • By: NND
  • Selasa, 15 October 2019
  • 231 Views
  • 5 Likes
  • 3 Shares

Dana Elaine Owens, atau yang biasa dikenal dengan nama Queen Latifah, memang merupakan salah satu musisi perempuan kulit hitam yang paling sensasional. Melaluinya musiknya, Queen Latifah bisa dikatakan sebagai sebuah pionir yang mengabsahkan gerakan feminis dalam halaman musik hip-hop.

Tidak hanya pandai bernyanyi, ia juga merupakan seorang artis yang pandai mengolah peran—hal ini dapat dibuktikan melalui sejumlah Emmy dan Golden Globes yang berhasil ia menangkan.

Berbicara musiknya; awal memulai karier dari grup rap Ladies Fresh, ia sempat berubah haluan dan fokus bernyanyi secara tradisional membawakan lagu-lagu dengan pendekatan soul dan jazz. Hal itu ia lakukan setelah pakem sebagai rapper solo yang menyuarakan isu-isu perempuan berkulit hitam. Queen Latifah baru kembali memeluk hip-hop kala merilis album Persona pada tahun 2009.

Sekarang, sang ratu ini berhasil mengantongi satu buah penghargaan baru. Bukan sembarangan penghargaan, Queen Latifah dianugerahkan sebuah penghargaan yang dinobatkan oleh pihak Universitas Harvard.

“W.E.B. Du Bois Medal” judulnya, dan Queen Latifah menjadi satu dari total tujuh nama yang juga akan menerima penghargaan tersebut. Universitas bergengsi itu menerbitkan penghargaan ini atas kontribusi seorang Queen Latifah kepada sejarah dan budaya kulit hitam pada umumnya. Upacara resminya akan dilangsungkan pada tanggal 22 Oktober mendatang.

Nama-nama lain yang akan turut diberikan penghargaan adalah penyair Elizabeth Alexander, seniman Kerry James Marshall, dan masih banyak lagi. Medali ini mengambil namanya dari William Edward Burghardt Du Bois—akademisi kulit hitam pertama yang berhasil mendapatkan gelar doktor di Harvard pada tahun 1895. Du Bois kemudian melanjutkan karirnya sebagai seorang cendikiawan, penulis, editor, dan pejuang HAM.

Dalam kancah musik rap, adapula nama rapper terkenal yang juga sempat menerima medali ini. Dia adalah Nas, rapper asal New York, yang menerima penghargaan ini di tahun 2013 silam.

 
0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
92 views
supertapes
646 views

Supertapes: Mukarakat

superbuzz
211 views
superbuzz
117 views