Penuh Semangat! Ini 4 Lagu Yang Enak Didengar Saat Kerja

Penuh Semangat! Ini 4 Lagu Yang Enak Didengar Saat Kerja

  • By:
  • Rabu, 7 April 2021
  • 73 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Mendengarkan musik saat bekerja memang merupakan hal yang cukup umum dilakukan bagi banyak orang. Mendengarkan musik, apalagi lagu yang enak didengar saat kerja dianggap bisa membantu memperbaiki mood atau suasana hati sehingga memaksimalkan produktivitas dalam menyelesaikan kegiatan atau tugas sehari-hari. Dari berbagai macam genre yang populer, hiphop biasanya jadi pilihan dalam daftar putar lagu yang enak didengar saat kerja. Selain relatif enak didengar, nyatanya lagu hiphop juga dinilai memiliki manfaat yang baik, untuk suasana hati bahkan kinerja otak yang lebih produktif dan progresif.

Beberapa penelitian telah dilakukan terkait hiphop sebagai genre lagu yang enak didengar saat kerja. Penelitian tersebut seakan menghilangkan justifikasi terkait aspek-aspek negatif yang berasal dari stigma musik hiphop maupun gaya hidup yang dijalankan oleh para penggiatnya. Salah satu penelitian terkait hiphop sebagai salah satu genre lagu yang enak didengar saat kerja ini datang dari McGill University di Kanada. Tim peneliti dari McGill University pertama menjelaskan secara mendasar bahwa musik dapat membantu peningkatan produksi dopamin untuk membantu meningkatkan suasana hati atau mood. Selanjutnya, tim peneliti tersebut menjelaskan manfaat baik dari mendengarkan musik per genrenya, yang salah satunya adalah hiphop sebagai genre lagu yang enak didengar saat kerja. 

Hasil dari penelitian yang dilakukan, menjelaskan bahwa hiphop memiliki cara yang unik dan beragam dalam membantu memperbaiki mood. Hiphop sebagai genre lagu yang enak didengar saat kerja dapat memengaruhi mood mulai dari lirik secara pelafalan maupun makna, serta juga bisa datang dari komposisi musiknya. Lilik lagu hiphop identik dengan agresi atau emosi yang cukup mampu membakar semangat sebagai lagu yang enak didengar saat kerja. Untuk komposisi musiknya sendiri, hiphop cenderung memiliki variasi, ketika kalian membutuhkan suasana yang chill di tengah aktivitas yang padat, kalian bisa memilih hiphop sebagai genre lagu yang enak didengar saat kerja. Agar dapat memahami manfaat hiphop sebagai genre lagu yang enak didengar saat kerja, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kalian dengarkan, Superfriends.

  1. Sudut Pandang - CVX X Laze

    Lagu hiphop pertama sebagai lagu yang enak didengar saat kerja datang dari skena lokal. Lagu berjudul Sudut Pandang yang dirilis oleh Laze hasil kolaborasinya bersama CVX ini pertama kali muncul pada tahun 2018. Laze merupakan salah satu musisi rap muda yang dikenal sering mengangkat isu lingkungan dan sosial dalam lirik-liriknya. Pemilihan tema dan diksinya yang mudah dimengerti oleh orang banyak juga membuat lagu Sudut Pandang dari Laze ini cukup fleksibel untuk didengarkan kapan saja dan di mana saja, termasuk jadi salah satu lagu yang enak didengar saat kerja. Dari segi komposisi musik, salah satu lagu yang enak didengar saat kerja ini memiliki beat dan melodi yang cukup chill dan mengayun. Komposisi musik yang apik tersebut berpadu dengan gaya rap yang cepat, sehingga menambah dinamika yang cukup unik. Dinamika tersebut berhasil membuat lagu yang enak didengar saat kerja ini sebagai salah satu amunisi semangat maupun untuk menemani waktu rehat sejenak.

  2. Humble - Kendrick Lamar

    Buat kalian yang suka mendengarkan lagu hiphop berkarakter agresif sebagai salah satu lagu yang enak didengar saat kerja, mungkin Humble dari Kendrick Lamar bisa jadi alternatif yang perlu dicoba, Superfriends. Komposisi musik yang ditawarkan oleh Kendrick lamar di lagu yang enak didengar saat kerja satu ini cukup simple tapi hadir dengan beat dan tempo yang mampu mengajak kita semua untuk semangat. Baik liriknya sendiri juga dibawakan oleh Kendrick Lamar dengan mengikuti dentuman bass-nya sehingga terkesan rapi dan tertata untuk menjaga ritme aktivitas saat bekerja. Jika ditelisik, liriknya menceritakan tentang upaya yang dilakukan serta perjalanan karier yang dijalani oleh Kendrick Lamar hingga saat ini menjadi salah satu rapper yang cukup terkenal dan sukses di industri musik mancanegara. Tema yang diangkat di lirik lagu yang enak didengar saat kerja ini bisa juga jadi salah satu sumber motivasi untuk tetap produktif.

  3. Best I Ever Had - Drake

    Best I Ever Had dari Drake hadir dengan nuansa musik yang chill dan ringan. Nuansa tersebut bisa jadi salah satu faktor pendukung sebuah lagu yang enak didengar saat kerja. Apalagi, ketika sedang berada di tengah waktu istirahat untuk kembali mendapatkan fokus yang diperlukan. Lagu ini diambil dari album mixtape ketiga yang dirilis oleh Drake. Secara lirik, Drake mencoba untuk menerjemahkan kebahagiaan yang dirinya rasakan dari perjuangan di industri musik. Secara tidak langsung dari lirik lagu yang enak didengar saat kerja ini, Drake mencoba mengajak para pendengarnya untuk tetap semangat dan melakukan yang terbaik dalam kehidupannya tanpa harus memikirkan masa depan yang jauh.

  4. Jalan Panjang - Saykoji

    Baik emosi yang datang dari lirik maupun komposisi musik, genre hiphop dikenal sebagai salah satu genre musik yang apa adanya. Begitu pula dengan apa yang dilakukan oleh Saykoji pada lagunya berjudul Jalan Panjang. Lagu yang enak didengar saat kerja ini ditulis sebagai sebuah sarana curahan hati Saykoji di masa dirinya harus terus berusaha menjaga reputasi dirinya sebagai rapper, sejak awal kariernya hingga saat ini. Dengan lirik yang lugas dan diksi yang umum dipahami oleh banyak orang, lagu yang enak didengar saat kerja ini jadi pilihan yang baik buat kalian yang sedang membutuhkan dorongan motivasi untuk tetap produktif. Saykoji juga sedikit mencoba menceritakan tentang pengalaman personalnya di dalam lirik lagu yang enak didengar saat kerja satu ini.

Image courtesy of Christian Bertrand / Shutterstock

0 COMMENTS