Penyanyi-Pianis Pionir Rock N’ Roll, Fats Domino, Meninggal Dunia

  • By: NTP
  • Kamis, 26 October 2017
  • 1437 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Fats Domino (Antoine Domino) telah meninggal dunia di umur 89 tahun pada Selasa, 24 Oktober lalu di kediamannya di Louisiana, New Orleans, AS. Kepergian almarhum telah dikonfirmasi oleh Mark Bone, kepala bagian investigasi kantor koroner Jefferson Parish, pada Associated Press.

Domino dikenal sebagai salah satu penyanyi dan pianis rock n’ roll pertama lewat hits seperti "Blueberry Hill" dan "Ain’t That a Shame." Ia merupakan musisi sejawat Elvis Presley, Chuck Berry dan Jerry Lee Lewis, sekaligus salah satu dari anggota awal Rock and Roll Hall of Fame. Almarhum dilantik pada tahun 1986.

[bacajuga]

Pianis ini lahir pada 1928, dan mulai serius bermain musik sejak umur 14 tahun saat ia keluar dari SMA dan menjadi buruh serabutan untuk mendukung karir musiknya. Setelahnya Domino konsisten tampil di berbagai bar dan honky tonk New Orleans.

Karirnya mulai melejit di New Orleans Hideaway Club, sebutan “Fats” mulai disematkan padanya di tempat ini oleh Billy Diamond. Ia dijuluki “Fats” seperti pemain piano legendaris, Fats Waller, dan karena nafsu makannya yang besar.

Tumbuh besar di New Orleans, Domino memiliki aksen Creole tebal, permainan piano yang mengalir serta banyak menggunakan ritme Dixieland di komposisinya. Lagu-lagu hits karyanya bersama produser Dave Bartholomew, menjadi nomor langganan yang dibawakan oleh Led Zeppelin, Cheap Trick, Randy Newman, dan John Lennon.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
1721 views
superbuzz
1848 views
superbuzz
2468 views
superbuzz
3484 views