NIRVANA: Perayaan 25 Tahun Rilis Album Nevermind

  • By: JP
  • Kamis, 29 September 2016
  • 6200 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Rilis tahun 1991, album kedua Nirvana (yang menaklukkan album Michael Jackson Dangerous di posisi puncak US Billboard 200 chart) padat dengan single juara, seperti “Smells Like Teen Spirit”, "Come as You Are", "Lithium", dan "In Bloom". Namun semua orang setuju kalau hal paling ikonis dari album ini ada di sampul dengan foto bayi berenang mengejar ‘umpan’ uang. Maju 25 tahun kemudian, si bayi yang kini sudah dewasa kembali mengabadikan pose andalan miliknya di kolam yang sama – bertepatan dengan perayaan 25 tahun rilis Nevermind tanggal 24 September lalu.

Dengan 200 dollar AS yang dibayarkan ke kedua orang tua Spencer Elden pada saat itu, Elden yang masih berusia 4 bulan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk memberikan pose ikonis tersebut. Sementara foto aslinya diambil oleh Kirk Weddle – teman ayah Elden, foto untuk perayaan 25 tahun diambil oleh fotografer asal Inggris John Chapple, di kolam renang yang sama Rose Bowl Aquatics Center, Pasadena, California.

Di pemotretan tahun ini, dengan bayaran yang sama Elden mengusulkan untuk mengambil pose telanjang seperti waktu ia masih bayi. "Saya meminta untuk difoto telanjang ke fotografer, namun sekarang pasti akan terlihat menjijikkan, jadi saya melakukannya dengan memakai celana renang," ujar Elden untuk The New York Post.

Tenang, ini bukan Elden.

Ketenaran Nevermind melahirkan berbagai tribute dan parodi, baik materi musik maupun foto sampulnya. Seperti album Off the Deep End dari Weird Al’s yang memasukkan parodi track “Smells Like Teen Spirit” serta foto yang juga diambil oleh Kirk Weddle.

Ini bukan pertama kali Elden memperagakan ulang pose untuk sampul album Nirvana, seperti di perayaan Nevermind yang ke 10, 17 dan 20 tahun. Seperti mengingatkan kita dengan cepatnya waktu bergulir dengan bertambahnya usia si model bayi, semua materi di Nevermind masih tetap relevan dan bisa dapat dinikmati – bahkan untuk 100 tahun ke depan. 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
1394 views
superbuzz
877 views
superbuzz
1020 views
superbuzz
2866 views
superbuzz
1727 views