Sapphira Singgih BM

Percobaan Sapphira Singgih Bikin Lagu Bahasa Indonesia

  • By: NND
  • Sabtu, 14 September 2019
  • 567 Views
  • 12 Likes
  • 4 Shares

Setelah menyajikan single “Heal” kepada publik, nama baru dalam kancah musisi solois lokal, Sapphira Singgih, kembali menampilkan karya teranyarnya melalui rilisan single berikutnya. Bertajuk “BM”—singkatan dari “Banyak Mau”, trek berdurasi singkat ini (hanya dua menit kurang) resmi mengudara pada hari Jumat (13/9).

Dalam durasi yang cukup singkat ini, Sapphira seakan mampu membuka pintu ke dalam banyak ruang dan celah. Sempitnya trek tidak menjadi batasan bagi musiknya—lirik Bahasa Indonesia yang sarat makna mengalir dengan megah menyusuri narasi yang hendak diangkat, menjadikan trek ini cukup haunting dan akurat dalam bidikannya.

Melalui siaran pers yang diterima SUPERMUSIC, Sapphira angkat bicara bahwa sifat “banyak mau” adalah sebuah sifat yang sejatinya cukup manusiawi. Manusia itu tidak pernah puas, bukan? Jadi, aman dikatakan bahwa sifat “BM” itu sudah natural. Namun, kala menyusurinya, manusia harus tetap berada dalam jalan sepetak yang sehat; yakni mensiasatinya dengan realistis: harus sesuai kemampuan dan jangan sampai melupakan kebutuhan yang sesungguhnya.

“Pikiran ini muncul setelah gue gemas melihat diri sendiri. Betapa impulsif dan nggak bijaksananya gue dalam mengatur keseimbangan antara apa yang gue punya, apa yang diperlukan, dan apa yang gue inginkan,” ungkap Sapphira terkait latar dari trek barunya ini.

Tiga musisi turut digaet dalam pengerjaan “BM” yang digarap di Studio Musik Salihara, Jakarta. Di antaranya adalah Kurosuke, Kamga (Dekat), dan Viki Vikranta (Kelompok Penerbang Roket). Menariknya, ketiga musisi ini tidak angkat instrumen—mereka justru menyumbang suara mereka sebagai vokal latar di balik suara vokal nan pedih-menyayat milik Sapphira yang mengambil panggung utama.

"Lagu ini adalah percobaan pertama gue dalam membuat lagu dalam bahasa Indonesia. Dulunya gue takut; takut nggak cocok, takut nggak indah, dan sebagainya. Tapi gue mau bisa bikin lagu dengan bahasa Ibu, dan gue belajar membuatnya lewat lagu 'BM'. Betapa senangnya gue akhirnya lagu ini selesai dan bisa dirilis," imbuh sang musisi kelahiran 1992 itu.

Percayalah, jika ini memang benar first try-nya dalam menggurat lirik dalam Bahasa Indonesia, maka Sapphira melakukannya dengan sangat baik.

Setelah "Heal" dan "BM", Sapphira saat ini sedang menyelesaikan materi-materi miliknya yang akan dirilis dalam format mini album melalui label rekaman Berita Angkasa—label yang juga mengantongi roster macam Kelompok Penerbang Roket, Jangar, dan Rafi Muhammad.

Dengarkan single terbaru dari Sapphira Singgih, “BM”, di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
85 views
superbuzz
76 views
superbuzz
198 views
superbuzz
377 views