Periode Akhir Karier David Bowie Diadaptasi dalam Dokumenter ‘The Last Five Years’

  • By: NTP
  • Senin, 1 January 2018
  • 1244 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Masa-masa akhir karier legendaris David Bowie akan diadaptasi ke dalam dokumenter berjudul David Bowie: The Last Five Years. Dokumenter ini akan ditayangkan pada ulang tahun ke-71 Bowie, pada 8 Januari besok.

The Last Five Years akan menampilkan jejak akhir proses Bowie berkarya, saat ia menggarap lakon musikal Lazarus dan merekam dua album terakhirnya. Semuanya dia lakukan saat menghadapi pengobatan kanker yang mengistirahatkannya, dua hari setelah Blackstar (2016) dirilis.

“Dia ingin membuat karya terakhir yang akan diingat orang.”

“Salah satu cara mengatasi rasa sakit dari pengobatan dan kecemasannya akan hari depan adalah dengan menyibukkan diri,” ujar sutradara Francis Whately.

Bowie berhenti berobat pada Oktober 2015, setelah mengetahui bahwa kankernya sudah menjalar terlalu lebar. Pada minggu tersebut, ia merekam video klip single “Lazarus” di Brooklyn. Ia terkapar di kasur rumah sakit dan diikat perban saat video ini direkam.

Rekaman hari itu dan hasil wawancara semua pihak yang terlibat menjadi pondasi dari dokumenter ini. Para karib dan kolaborator Bowie juga memberikan kesaksian mereka tentang ledakan kreativitasnya, terutama usahanya menulis dan merekam albun, setelah didiagnosis menderita kanker.

Dalam cuplikan The Last Five Years yang dirilis pada 13 Desember lalu, Bowie menyampaikan prinsip filosofinya dalam berkarya.

“Selalu coba jelajahi area yang melebihi kemampuanmu, dan ketika kamu sudah merasa tidak lagi menapak, maka sebentar lagi kamu akan melakukan sesuatu yang mendebarkan,” ucap Bowie.

The Last Five Years  akan menampilkan figur penting dalam karier Bowie, yaitu Tony Visconti, Ivo Van Hove, Toni Basil, Earl Slick, Gail Ann Dorsey, Gerry Leonard, Carlos Alomar, Catherine Russel, Sterling Campbell, Zachary Alford, David Torn, Enda Walsh, Donny McCaslin, Maria Schneider dan Robert Fox.

Tonton trailer-nya di bawah ini:

0 COMMENTS